OLAHRAGA

Neymar, Pemain Terbaik di Piala Konfederasi

KBR68H

AUTHOR / Doddy Rosadi

Neymar, Pemain Terbaik di Piala Konfederasi
neymar, pemain terbaik, piala konfederasi, brasil

KBR68H – Brasil tidak saja sukses mempertahankan trofi Piala Konfederasi setelah mengalahkan Spanyol di partai final. Para pemain tim Samba nyaris menyapu bersih penghargaan yang diberikan kepada pemain yang tampil di turnamen tersebut.

Bola emas yang merupakan penghargaan untuk pemain terbaik direbut Neymar. Pemain yang baru dibeli klub Spanyol Barcelona itu mendapat sambutan tepuk tangan yang meraih dari penonton yang hadir di stadion Maracana ketika namanya disebut sebagai pemain terbaik.

Di sepanjang turnamen, Neymar mencetak empat gol, termasuk satu gol ke gawang Spanyol di partai final. Gol Neymar ke gawang Spanyol merupakan gol terindah yang terjadi di partai pamungkas Piala Konfederasi 2013. Menerima umpan dari Oscar, Neymar melepaskan tendangan keras dari sudut sempit yang tidak bisa dihalau kiper Spanyol, Iker Casillas.

Sarung tangan emas yang merupakan penghargaan bagi kiper terbaik jatuh ke tangan Julio Cesar. Kiper yang membela Queens Park Rangers ini tampil gemilang sejak babak penyisihan hingga partai final. Kehebatan Cesar di bawah mistar gawang diperlihatkan dalam babak semifinal melawan Uruguay. Cesar dengan brilian menepis tendangan penalti Diego Forlan.

Di partai final, Cesar juga dua kali menggagalkan peluang emas Spanyol yang secara teori seharusnya bisa menghasilkan gol. Pertama, Cesar menepis tendangan Pedro lalu setelah itu giliran David Villa yang dibuat frustrasi saat tendangan melengkungnya masih bisa ditepis Cesar.

Satu-satunya penghargaan yang gagal direbut pemain Brasil adalah Sepatu Emas. Penghargaan itu jatuh ke tangan penyerang Spanyol Fernando Torres yang mencetak lima gol. Jumlah gol yang dicetak Torres sebenarnya sama dengan koleksi gol Fred. Namun, Torres berhasil menyunbangkan satu assist dan jumlah waktu bermainnya di lapangan lebih sedikit dibandingkan Fred. (BBC)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!