OLAHRAGA

Jadi Fans Abadi, 57 Ribu Suporter Sepakbola Donorkan Organ Tubuh

KBR68H- Bahkan kematian tak memutuskan hubungan antara fans dengan tim sepakbola kesayangan mereka. Buktinya, sekitar 57 ribu pendukung klub sepakbola Brasil, Sport telah mendaftar sebagai donor organ tubuh di Pernambuco.

AUTHOR / Suryawijayanti

Jadi Fans Abadi, 57 Ribu Suporter Sepakbola Donorkan Organ Tubuh
sepakbola, donor organ, sport, brasil

KBR68H- Bahkan kematian tak memutuskan hubungan antara fans dengan tim sepakbola kesayangan mereka. Buktinya, sekitar 57 ribu pendukung klub sepakbola Brasil, Sport telah mendaftar sebagai donor organ tubuh di Pernambuco. Kampanye organ tubuh bertajuk "Immortal Fan" atau Pendukung Abadi itu telah dimulai sejak 13 bulan yang lalu. Kampanye yang membantu Brasil mengatasi daftar tunggu pasien yang membutuhkan donor kornea dan transplantasi hati. 
 
"Aku berjanji mata Anda akan terus menonton klub Sport,"kata Adriano dos Santos, penggemar klub yang menunggu transplantasi kornea, dalam sebuah video yang terkait dengan kampanye yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Brazil .

"Paru-paru Anda akan terus bernapas untuk Sport,"kata Luiz Antonio, penggemar yang menunggu transplantasi paru-paru.

"Aku berjanji, hati ini akan terus berdetak demi Sport,"ujar pasien yang menunggu donor hati, Marleide dos Santos.

Kampanye Sport selama setahun ini cukup sukses. Donasi organ telah meningkat 54 persen selama setahun terakhir, membantu untuk menghapus daftar tunggu yang lama untuk transplantasi kornea di Pernambuco .

"Secara keseluruhan, jumlah donor organ sudah naik dan jumlah orang yang menunggu untuk organ telah turun, " kata Jacqueline Diniz , seorang perawat yang memimpin kampanye pendidikan di Pusat Transplantasi Pernambuco. "Ini telah menjadi sangat penting dan memiliki dampak besar.

Kampanye donor organ tubuh ini dipelopori oleh biro iklan, Ogilvy. Awalnya, Ogilvy membunjuk klub besar Flamengo yang memiliki  lebih dari 30 juta penggemar yang tersebar di seluruh Brasil. Namun pihak manajemen menolak berkomitmen untuk kampanye ini, sehingga Ogilvy beralih ke Sport, klub kecil yang memiliki pendukung fanatik.

"Sport menyukai gagasan itu, " kata Marcela Lima, Direktur Marketing Sport. "Kami memahami bahwa sangat penting bagi klub  untuk mendorong dan menginformasikan pendukung kami tentang bagaimana menyelamatkan nyawa dengan menjadi donor organ."

Klub memasang iklan di stadion pada saat pertandingan dan berkampanye di stasiun radio lokal,koran dan penyiar .

Fans dapat mendaftar untuk mendapatkan kartu donor di stadion klub, mencetak sendiri melalui halaman Facebook, atau memintanya melalui surat. Kartu donor itu berwarna hitam dengan lambang klub bertuliskan" Donor Sport". Pihak donor juga wajib memberitahu keluarga dan profesional medis yang menyetujui untuk menyumbangkan organnya setelah mereka mati .

Di Brazil, ahli waris memiliki kata terakhir apakah mengizinkan atau tidak pemindahan organ . Di masa lalu, empat dari lima keluarga telah menolak untuk membiarkan dokter mengambil organ dari kerabat setelah kematian, menurut Departemen Kesehatan Brasil .

" Keluarga menjadi penentu sehingga sangat penting bagi mereka untuk tahu. Kematian adalah peristiwa traumatis dan banyak keluarga ingin melihat orang yang mereka cintai tetap utuh tetapi ketika tahu almarhum memiliki kartu donor mereka menghormati keinginan itu,"kata Jacqueline Diniz , seorang perawat yang memimpin kampanye pendidikan di Pusat Transplantasi Pernambuco.

Keberhasilan program ini telah membawa Ogilvy mendapat pujian di seluruh dunia, termasuk delapan penghargaan di ajang bergengsi Cannes International Festival of Creativity.(asiaone)  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!