OLAHRAGA

Gunakan Budak, Jaringan Supermarket Perancis Putus Kontrak Pemasok

Jaringan supermarket terkemuka Eropa menekan pemasok udang Thailand yang dituding Koran Inggris menggunakan tenaga kerja budak.

AUTHOR / Nur Azizah

Gunakan Budak, Jaringan Supermarket Perancis Putus Kontrak Pemasok
Perbudakan, Carefour, Supermarket, udang

KBR, Jaringan supermarket terkemuka Eropa menekan pemasok udang Thailand yang dituding Koran Inggris menggunakan tenaga kerja budak. Jaringan Supermarket berbasis di Perancis, Carrefour mengatakan, Kamis lalu pihaknya menangguhkan pembelian dari Charoen Pokphand (CP) Foods, setelah The Guardian menuduh perusahaan itu menggunakan tenaga kerja budak dan kondisi kerja yang tidak manusiawi. 


Carrefour sudah memutuskan untuk segera menangguhkan pembelian langsung dan tidak langsung dari perusahaan tersebut. Padahal sebelumnya Carrefour sudah memeriksa pabrik itu tahun 2013 dan belum mengungkap kecurigaan tersebut. 


Sementara jaringan supermarket berbasis di Inggris Tesco mengatakan akan terus membeli dari CP Foods. Kelompok supermarket terbesar ketiga dunia itu bahkan akan bekerjasama dengan perusahaan Thailand tersebut untuk memperbaiki kondisi kerja. 


Pemasok udang Thailand Charoen Pokphand Foods juga memasok jaringan supermarket raksasa AS Walmart dan Costco. Sebelumnya The Guardian menyatakan bahwa CP Foods membeli tepung ikan, makanan udang yang dibudidayakan dari pemasok yang memiliki, mengoperasikan atau membeli dari kapal nelayan yang diawaki budak. (CNA)


Editor: Sutami


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!