OLAHRAGA

Community Shield, Trofi Pertama Moyes untuk Man United

KBR68H

AUTHOR / Doddy Rosadi

Community Shield, Trofi Pertama Moyes untuk Man United
community shield, man united, david moyes, robin van persie

KBR68H – Manajer David Moyes mempersembahkan trofi pertama untuk Manchester United di ajang Community Shield. Menghadapi klub divisi 1 Wigan Athletic, Moyes membawa anak asuhnya menang 2-0. Gol kemenangan Man United diborong penyerang asal Belanda Robin Van Persie.

Moyes tidak menurunkan Wayne Rooney yang masih bersikeras ingin pindah ke Chelsea. Lini depan dipercayakan kepada Robin Van Persie dan Danny Wellbeck. Satu-satunya pemain anyar dalam daftar 11 pemain Man United adalah Wilfried Zaha, yang dibeli dari Crystal Palace pada awal Januari lalu.

Klub dengan julukan Setan Merah itu hanya perlu waktu enam menit untuk menjebol gawang Wigan. Umpan lambung Patrice Evra dari sisi kanan pertahanan Wigan disambut dengan sundulan terarah Robin Van Persie dari kotak penalti ke pojok kanan gawang Wigan. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan juara liga Inggris 2012/13.

Tidak lama kemudian, Man United harus kehilangan bek kanan Rafael yang mengalami cidera. Moyes memasukkan Chris Smalling sebagai pengganti Rafael. Unggul cepat tidak membuat Man United dengan mudah mengobrak-abrik lini pertahanan Wigan. Juara Piala FA 2013 itu memperlihatkan permainan bertahan yang rapi sehingga membuat Van Persie dkk kesulitan untuk melepaskan tendangan ke gawang. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Man United tetap memperlihatkan pola permainan menyerang dari kaki ke kaki. Duet Tom Cleverley dan Michael Carrick mampu mendominasi jalannya pertandingan. Pada menit ke-58, gawang Wigan kembali bergetar. Lagi-lagi diawali dari pergerakan di sektor kanan pertahanan Wigan, Wellbeck memberikan bola kepada Van Persie. Meski dikawal pemain bertahan Wigan, RVP berhasil melepaskan tendangan dengan kaki kiri yang mengenai kaki bek James Perch sebelum masuk ke gawang.

Gol kedua Van Persie ini membuat Man United semakin percaya diri. David Moyes menarik keluar pemain veteran Ryan Giggs dan memasukkan Anderson untuk memperkuat lini tengah. Delapan menit sebelum pertandingan usai, Moyes menarik duet penyerang Van  Persie – Danny Wellbeck dan memasukkan Shinji Kagawa dan pemain muda Adnan Januzac.

Rapatnya lini pertahanan Wigan membuat Man United tidak bisa mencetak gol tambahan hingga wasit meniupkan peluit panjang. Kemenangan 2-0 atas Wigan merupakan awal yang baik bagi Man United dalam upaya mempertahankan gelar juara liga Inggris. Pekan depan, anak asuh David Moyes akan bertandang ke kandang Swansea City dalam pertandingan perdana liga Premir Inggris musim 2013/14. (Soccernet)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!