Lagi, Warga Aceh Utara Diduga Keracunan Amonia

PT. PIM diketahui sudah beberapa kali bermasalah dengan kasus dugaan kebocoran yang menyebabkan keracunan pada warga.

BERITA , NUSANTARA

Jumat, 16 Nov 2018 16:20 WIB

Author

Erwin Jalaludin

Lagi, Warga Aceh Utara Diduga Keracunan Amonia

Ilustrasi: Korban dugaan pencemaran amonia PT Pupuk Iskandar Muda, Kamis (17/11/2016). (Foto : KBR/Erwin Jalaluddin)

KBR, Aceh Utara - Sebanyak 12 warga Desa Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan amonia yang diduga berasal dari kebocoran pipa di PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM), Jumat (16/11/2018).

Juru Bicara PT. Pupuk Iskandar Muda, Faisal membenarkan, warga di sekitar perusahaan mengalami gangguan kesehatan sehingga perlu mendapatkan perawatan. Namun ia menolak anggapan bahwa penyebab keracunan itu ditimbulkan oleh perusahaannya.

Pasalnya Faisal mengklaim, perusahaannya sudah berhenti beroperasi sejak dua bulan lalu.

"Korban tidak banyak, tapi ini sudah ditangani. Pabrik sudah 2 tak beroperasi, makanya bingung juga dari mana sumbernya. Inilah lagi dicek kesana," kata Faisal kepada KBR, Jumat (16/11/2018).

Meski menampik tudingan kebocoran, manajemen Pupuk Iskandar Muda bakal bertanggung jawab terhadap warga desa yang diduga terkena paparan amonia.

Kejadian ini bukan pertama kali terjadi. Dari penelurusan KBR, PT. PIM diketahui sudah beberapa kali bermasalah dengan kasus dugaan kebocoran yang menyebabkan keracunan warga.

Pada 2011 silam, tercatat ada 90 warga yang mengalami pusing dan mual akibat terpapar amonia. Angka ini naik drastis pada 2015 dengan jumlah warga yang keracunan amonia mencapai 400 orang. Sementara pada 2016, PT. PIM juga diketahui mengalami kebocoran yang menyebabkan 100 warga keracunan.

Baca juga:

Editor: Friska Kalia 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.