Bertemu Gajah Liar, Dua Santri di Aceh Jaya Pingsan

Sebenarnya Anak-anak itu kaget dan kemudian pingsan, ada 2 orang yang pingsan jadi tidak ada yang terluka maupun korban jiwa

BERITA , NUSANTARA

Senin, 05 Nov 2018 14:59 WIB

Author

Erwin Jalaludin

Bertemu Gajah Liar, Dua Santri di Aceh Jaya Pingsan

Warga Aceh berlarian ketika gajah liar masuk ke kampung mereka. (Foto: BKSDA)

KBR, Aceh - Sebanyak dua santri asal Desa Leupu, Kemukiman Bangkeh, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Aceh Jaya, pingsan setelah bertemu dengan gajah liar . 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, tim BKSDA telah melakukan upaya pengusiran secara tradisional di lokasi dua santri itu bertemu gajah liar.

"Sebenarnya Anak-anak itu kaget dan kemudian pingsan, ada 2 orang yang pingsan jadi tidak ada yang terluka maupun korban jiwa. Nah, pagi ini tim saya dari Resort Pidie dan CRU Mila akan turun ke lokasi untuk melakukan upaya pengusiran bersama masyarakat nanti. Kelompok gajah di Geumpang itu perkiraannya ada 15 individu," kata Sapto Aji Prabowo, Senin (5/11/2018).

Kedua santri perempuan itu diperkirakan berumur 10 dan 13 tahun.

Sapto Aji menepis anggapan bahwa kedua santri ini pingsan karena diamuk gajah liar, melainkan terkejut begitu melihat gajah liar. 

"Keduanya sudah menjalani perawatan di puskesmas terdekat," katanya.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji berharap, masyarakat tidak mengusir gajah liar dengan cara kekerasan. Langkah tersebut perlu, agar tidak ada konflik satwa liar dengan manusia. 

Petugas BKSDA, akan membunyikan petasan atau penggiringan memanfaatkan gajah yang telah jinak, sehingga gajah liar ini masuk ke dalam hutan. 

Saat ini diperkirakan terdapat 15 gajah liar di Kabupaten Aceh Jaya.

Editor: Kurniati
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.