Pertamina Diminta Jual Premium dan Pertalite Saat Arus Balik di Trans Sumatra

"Harga Premium dan Pertalite kan lebih murah dibandingkan Pertamax. Karena itu saya berharap Pertamina menjualnya untuk mengurangi biaya perjalanan mudik," kata seorang pemudik.

BERITA , NUSANTARA

Selasa, 04 Jun 2019 11:23 WIB

Author

Adi Ahdiat

Pertamina Diminta Jual Premium dan Pertalite Saat Arus Balik di Trans Sumatra

Kios Siaga Pertamina di Tol Palindra Pemulutan, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu (1/6/2019). (Foto: ANTARA/Feny Selly/ama)

Pemudik yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) meminta Pertamina menjual BBM Premium dan Pertalite saat arus balik.

"Saya berharap Pertamina dapat menyediakan BBM jenis Premium dan Pertalite di titik penjualan BBM yang disediakan Pertamina," kata Budi, seorang pemudik dari Surabaya, di rest area KM 33 JTTS, Lampung Selatan, seperti dikutip Antara, Selasa (4/6/2019).

Menurut Budi, kios Pertamina di sejumlah titik penjualan Trans Sumatra hanya menjual BBM Pertamax yang harganya cukup mahal dibanding Premium atau Pertalite.

Pemudik lainnya asal Bandung, Haris, mengatakan hal sama. "Harga Premium dan Pertalite kan lebih murah dibandingkan Pertamax. Karena itu saya berharap Pertamina menjualnya untuk mengurangi biaya perjalanan mudik," kata Haris.


Konsumsi BBM Naik

Menurut laporan Region Manager Communication & CSR Pertamina Sumatra Selatan, Rifky Rakhman Yusuf, Pertamina sudah menyediakan Premium dan Pertalite di Trans Sumatra.

Konsumsinya selama masa arus mudik juga dilaporkan mengalami peningkatan.

"Dari rata-rata harian normal, ada peningkatan sekitar 19,1 persen untuk produk Pertamax, disusul Pertalite naik 11,4 persen, kemudian Premium 5,9 persen," ujar Rifky.

Konsumsi Bio Solar naik 31,9 persen, Pertamina Dex naik 25 persen, dan Dexlite naik 17,2 persen. Satu-satunya yang mengalami penurunan hanya Pertamax Turbo sekitar 6,4 persen.

Rifky menyebut, puncak konsumsi BBM tertinggi terjadi pada 30 Mei 2019.

“Berdasarkan data yang kami terima peningkatan konsumsi ini juga dikarenakan jumlah kendaraan yang masuk melalui ruas jalan Bakauheuni-Terbanggi Besar mencapai 18 ribuan kendaraan,” jelasnya.

Pertamina juga sudah menyiapkan Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri (Satgas Rafi) yang bertugas memastikan kelancaran distribusi dan keamanan stok BBM dan elpiji. Satgas ini akan bertugas hingga H+15 lebaran, tepatnya sampai tanggal 21 Juni 2019.

(Sumber: ANTARA)
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Hari Matinya KPK

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter

Anak Muda Dorong Gerakan Sosial Lewat Film Dokumenter