NASIONAL

Yaqut: Kuota Haji Indonesia 221 Ribu Jemaah

""Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah. Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji.""

AUTHOR / Muthia Kusuma

Kuota haji 2023
Kuota Haji 2023, Menag Yaqut bertemu Menteri Haji Arab Saudi Tawfiq F. Al Rabiah, di Jeddah, Minggu (09/01/23). (Kemenag)

KBR, Jakarta-  Pemerintah dan Arab Saudi telah menyepakati kuota haji 2023 sebanyak 221 ribu dengan tanpa pembatasan usia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merinci, sebanyak 203.320 kuota jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus serta 4.200 kuota untuk jumlah petugas. 

Kesepakatan tersebut ditandatangani Minggu (08/01/23) oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah di Jeddah.

"Alhamdulillah misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah. Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini," ucap Menag di Jeddah sebagaimana keterangan pers tertulis yang diterima KBR, Minggu (8/1/2023).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menambahkan, pemerintah juga melobi Kerajaan Arab untuk memberi tambahan kuota kepada jemaah asal Indonesia. Ia beralasan, antrean jemaah haji sudah sangat panjang.

"Semua tentu bergantung pada kebaikan hati Yang Mulia Raja Salman, Pangeran Muhammad Bin Salman, dan Bapak Menteri Haji," sambungnya.


Baca juga:

Vaksin Meningitis Langka, BPOM Merasa Jadi Kambing Hitam

BPKH Sebut Haji Tahun Ini Agak Spesial

Menanggapi permintaan itu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah mengatakan tambahan kuota jemaah haji Indonesia. Apalagi, Indonesia adalah negara penting bagi Saudi. Namun, lanjut Tawfiq, saat ini negaranya tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan jemaah haji.

"Kenyamanan dan keselamatan ini prioritas. Namun saya katakan, Indonesia akan selalu mendapatkan prioritas dalam memperoleh kuota tambahan," ucapnya dalam kesempatan yang sama.

"(Mungkin) ada negara yang mengurangi jemaah hajinya sehingga kuota bisa diberikan ke Indonesia. Semua tentu sudah rindu berhaji (dalam kondisi normal)," sambungnya.

Tawfiq menambahkan tentang terus berjalannya transformasi pelayanan jemaah haji di Arab Saudi. Menurutnya, saat ini sudah tidak ada lagi muassasah, namun penyelenggaraan haji dilakukan oleh syarikah atau perusahaan.

Ada enam syarikah (perusahaan) yang ditunjuk dalam pelaksanaan layanan ibadah haji tahun ini. Setiap negara, termasuk Indonesia, dapat memilih syarikah dalam menyiapkan layanan.

"Sehingga akan ada kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik. Saya juga meminta agar perjanjian dibuat dengan detail, agar dapat memberikan layanan terbaik juga," jelas Tawfiq.

"Jika detail, ini akan menjadi pegangan ketika syarikah melanggar. Jika mereka melanggar, kami bisa memberikan sanksi," sambungnya.



Editor: Rony Sitanggang

  • Yaqut Cholil Qoumas
  • kuota haji 2023

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!