NASIONAL

Survei Kepercayaan Publik Rendah, PKS: Perlu Reformasi Parpol

"“Perlu ada reformasi di internal partai politik sehingga orang-orang berkualitas baik masuk partai""

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Survei Kepercayaan Publik Rendah, PKS: Perlu Reformasi Parpol
Sejumlah bendera partai nasional mulai marak berkibar dipasang di jembatan Pantee Pirak, Kota Banda Aceh, Sabtu (23/3/2019)/(ANTARA FOTO/AMPELSA)

KBR, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera mengatakan reformasi partai politik (parpol) cukup mendesak untuk dilakukan.

Ia menyebut, tingkat kepercayaan publik yang rendah menjadi tanda diperlukannya reformasi tersebut.

“Perlu ada reformasi di internal partai politik sehingga orang-orang berkualitas baik masuk partai politik karena melihat ini jalan pengabdian menuju negara yang bersih yang merit sistem yang baik. Bukan lagi diisi oleh orang-orang yang cuman mencari kedudukan, mencari posisi yang itu akhirnya merusak kita semua,” kata Mardani saat dihubungi KBR, Senin (10/4/2023).

Mardani menambahkan, reformasi parpol cukup penting. Sebab, kader partai politik terpilih merupakan wakil suara rakyat di DPR.

Menurutnya, para kader parpol harus bersuara vokal apabila menemui kebijakan yang dinilai berdampak negatif bagi publik atau masyarakat luas.

“Partai juga harus transparan, akuntabel, merit system, kolaborasi sehingga akan ada anggota DPR yang vokal, yang berani, dan dia tidak takut ditegur karena dia punya landasan yang kuat,” tutur Mardani.

Baca juga :

- PKS Minta Presiden Jokowi Bersikap Negarawan

- PKS: Polarisasi Politik saat Pemilu Akibat Presidential Threshold 20 Persen

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei tingkat kepercayaan publik terhadap sejumlah lembaga. DPR dan partai politik tercatat sebagai lembaga yang memiliki tingkat kepercayaan publik terendah.

Publik yang sangat percaya pada DPR sebesar 8 persen, cukup percaya 44 persen. Sedangkan, publik sangat percaya pada parpol sebesar 5 persen, cukup percaya sebesar 45 persen.

Periode survei dilakukan pada 31 Maret – 4 April 2023 dengan sampel sebanyak 1.229 responden. Sementara margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Resky Novianto

  • partai politik
  • Parpol
  • PKS
  • pemilu 2024
  • Survei
  • LSI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!