NASIONAL

Singgung Wakil Airin Tak Perlu Ganti Baju, Bahlil Sindir Megawati?

Kami tidak akan meminta untuk menukar warna baju untuk baju kuning.

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

EDITOR / Wahyu Setiawan

Singgung Wakil Airin Tak Perlu Ganti Baju, Bahlil Sindir Megawati?
Ketua Umum Golkar Bahlil Lahadalia (kedua kiri) menyerahkan dukungan ke Airin-Ade Sumardi di Pilkada Banten, Selasa (27/8/2024). ANTARA FOTO/Reno Esnir

KBR, Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia mengatakan dirinya tak pernah meminta kader lain untuk masuk ke partainya. Ini disampaikan Bahlil saat mengumumkan dukungan untuk Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024. Ade merupakan Ketua DPD PDIP Banten.

Bahlil awalnya menjelaskan tentang demokrasi yang santun. Dia kemudian menyoroti Ade Sumardi yang merupakan kader PDIP.

Bahlil menegaskan Ade tak perlu masuk ke Golkar usai mendapat dukungan dari partai berlambang pohon beringin itu.

"Memang Indonesia ini majemuk terdiri dari suku-suku bangsa dan multi partai yang perbedaan itu menjadi sebuah kekuatan besar. Maka dari itu Pak Ade Sumardi, ketua (DPD) PDIP jangan khawatir, kami tidak akan meminta untuk menukar warna baju untuk baju kuning. Bapak tetap kami bangga dengan baju merah saja, karena kita ingin membangun bangsa ini harus tetap membutuhkan kekompakan dan kerja sama," ujarnya di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil menyebut, adanya kader partai lain yang mendampingi Airin merupakan bentuk keterbukaan Golkar. Dia mengeklaim partainya inklusif dan tidak membeda-bedakan dari calon manapun.

"Ini seiring apa yang disampaikan Pak Presiden Jokowi dan Pak Presiden Prabowo, kami di KIM sangat kompak dan Pak Prabowo dalam beberapa kesempatan menyampaikan menyerahkan ke partai-partai koalisi untuk menentukan sikap politiknya sekalipun kita berbeda pilihan," klaimnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta Airin Rachmi Diany memakai seragam merah-hitam khas partainya. Airin sebelumnya mendapat dukungan dari PDIP.

"Saya tadi tanya itu sama Mbak Airin, ya. Nanti mesti pakai ini, lho, merah-item," kata Megawati dalam acara pemberian surat rekomendasi gelombang ke-III PDIP untuk Pilkada 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8/2024).

"Iyalah, mau dijadikan... coba, masa nggak pakai merah item, ye... gimana," kata Megawati.

"Terus maunya jadi apa? Independen? Ya cari independen. Betul ndak?" imbuh Megawati dijawab "betul" oleh kader PDIP.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!