NASIONAL

Serba Dialihin ke Listrik

"Menyoal program konversi dan subsidi kendaraan listrik hingga bagi-bagi rice cooker oleh pemerintah dibahas asyik di podcast What's Trending!"

AUTHOR / Lea Citra

Podcast Whats Trending
Podcast Whats Trending

KBR, Jakarta- Pemerintah berencana memberikan subsidi pembelian kendaraan listrik. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memperkirakan, insentif pembelian mobil listrik mencapai kira-kira Rp80 juta per unit dan Rp8 juta untuk motor listrik, meski masih dalam tahap finalisasi penghitungan.

"Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung. Tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif Rp80 juta. Untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp40 juta. Dan juga untuk motor listrik yang baru itu akan diberikan insentif sekitar Rp8 juta. Sementara motor konversi menjadi motor listrik itu akan diberikan insentif sekitar Rp5 juta," kata Agus melalui keterangan yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/12/2022).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, insentif kendaraan diberikan untuk mendorong pembelian kendaraan listrik yang pabriknya berada di Indonesia. Selain mendorong penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri, Agus juga mengklaim insentif diberikan untuk menarik investor asing mengembangkan industri kendaraan listrik di Indonesia. Juga untuk meningkatkan penggunaan energi bersih.

Baca juga:

Viral Persekusi Terduga Pelaku Pelecehan, Gimana SOP Penanganannya?

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Pergeseran Tanah Saat Gempa di Cianjur?

Biar tak Mencinta Secara Obsesif

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku masih melakukan penghitungan soal itu karena akan dimasukkan dalam APBN 2023, sehingga perlu lebih dulu disampaikan dan dibahas dengan DPR.

Tapi kalian inget gak sih, beberapa waktu lalu pemerintah juga berencana membagi-bagikan penanak nasi atau rice cooker kepada masyarakat, usai rencana konversi kompor gas ke kompor listrik diurungkan.

Nah Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Edy Pratiknyo mengatakan pembagi-bagian penanak nasi gratis bagi masyarakat miskin ini, menggunakan APBN Kementerian ESDM 2023. Kriteria penerimanya adalah rumah tangga miskin dengan daya listrik 450-900 VA yang menjadi penerima bansos.

Terkait serangkaian kebijakan ini, seperti apa catatan organisasi lingkungan Greenpeace

Program-program yang dibuat pemerintah tersebut, tak lepas dari kritik Kepala Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Tata Mustasya. Menurutnya, subdisi kendaraan listrik ataupun pembagi-bagian rice cooker hanya cara untuk mengatasi persoalan oversupply listrik di Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Dengan kondisi sekarang memang itu lebih ke usaha pemerintah untuk menyerap kelebihan pasokan listrik yang sangat merugikan PLN. Yang ujung-ujungnya akan merugikan negara juga, dan dalam konteks untuk saat ini boleh dibilang sama sekali tidak mengurangi emisi, dan itu bukan bagian dari transisi energi. Kenapa? Karena itukan meningkatkan penggunaan listrik tapi listriknya, kita belum melihat langkah yang konkret pemerintah untuk bisa mengurangi penggunaan PLT batubara dalam sektor energi atau sektor kelistrikan di Indonesia," kata Tata kepada KBR.

Menurutnya jika mau menyasar pengurangan emisi dan penggunaan energi bersih, maka ia merekomendasikan untuk pensiun dini PLT Batubara, hingga mengakselerasi pengembangan energi baru terbarukan.

"Sekarang kita kan hampir 60 persen masih dari PLT Batubara, harus segera dipercepat untuk berpindah ke energi bersih dan terbarukan seperti energi matahari yang di Indonesia sangat melimpah potensinya, dan yang kedua, dari sektor transport dan sektor lain termasuk rumah tangga kalau konteksnya rice cooker, kalau konversi sektor transport ya harus berpindah dari energi fosil yaitu BBM saat ini kan baik bensin dan gas ke listrik, yang listriknya sudah menggunakan energi bersih dan terbarukan," pungkasnya.

Mau tau lebih lanjut soal ini? Yuk kita dengarkan podcast What's Trending di link berikut ini:

  • konversi energi
  • energi terbarukan
  • kendaraa listrik
  • rice cooker
  • serba listrik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!