NASIONAL

Pembahasan Perpres Publisher Rights Dikebut, Bahas Kerja Sama Platform Digital dan Pers

"Presiden meminta pembahasan Perpres Publisher Rights rampung dalam waktu satu bulan."

Pembahasan Perpres Publisher Rights Dikebut, Bahas Kerja Sama Platform Digital dan Pers
Presiden Jokowi (tengah duduk) saat uncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023. (Dok Youtube Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mengebut pembahasan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights. Publisher Rights adalah regulasi yang mewajibkan platform digital global untuk memberikan nilai ekonomi atas konten berita yang diproduksi media lokal dan nasional.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan, kewajiban kerja sama antarplatform digital dan perusahaan pers di Indonesia akan dituangkan dalam beleid itu.

Dia menekankan, kewajiban kerja sama itu untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas.

"Isi dari rancangan Perpres itu adalah kewajiban kerja sama. Jadi platfrom digital ini harus bekerja sama dengan media di Indonesia dalam penyaluran dan pemanfaatan berita. Jadi berita kita batasi, (supaya) tidak konten-konten yang lain. Dan dalam melaksanakan Perpres ini ada badannya, ada lembaganya, ada institusinya yang ini juga bentuknya akan kita diskusikan seperti apa," ujar Usman dalam konferensi pers, Rabu (15/2/2023).

Baca juga:

Usman mengatakan, rancangan Perpres itu dalam proses pematangan dengan sejumlah pihak. Hari ini sejumlah pihak akan menghadiri rapat bersama kementeriannya untuk membahas rancangan Perpres tersebut.

Rancangan Perpres Publisher Rights sebelumnya disinggung Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari 2023 di Medan. Presiden memerintahkan Menkominfo Johnny G Plate untuk mempercepat pembahasan Perpres itu.

"Saran saya, bertemu, kemudian dalam satu bulan ini harus selesai Perpres ini. Jangan lebih dari satu bulan. Saya akan ikut nanti dalam beberapa pembahasan mengenai ini," ujar Jokowi.

Editor: Wahyu S.

  • Perpres Publisher Rights
  • johnny g plate
  • Presiden Jokowi
  • Dewan Pers

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!