NASIONAL

Liga 1 2024-2025, Belanja Pemain Klub Dibatasi, Berapa?

Regulasi baru ini diterapkan untuk membatasi klub dalam menggunakan biaya untuk belanja pemain (financial control), baik luar maupun lokal.

AUTHOR / Sindu

EDITOR / Sindu

Liga 1 2024-2025, Belanja Pemain Klub Dibatasi, Berapa?
Ilustrasi: Persib Bandung Juara Liga 1 Indonesia musim 2023-2024. Foto: ligaindonesiabaru.com

KBR, Jakarta- PT Liga Indonesia Baru (LIB) membatasi belanja pemain setiap klub Liga 1 pada musim 2024-2025, yakni Rp50 miliar. Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus mengatakan, regulasi baru ini diterapkan untuk membatasi klub dalam menggunakan biaya untuk belanja pemain (financial control), baik luar maupun lokal.

"Ini bukan salary cap, melainkan batasan untuk belanja pemain. Dalam regulasi yang sudah ditetapkan, Liga Indonesia memodifikasi salary cap menjadi financial control. Liga juga membentuk financial control body untuk memastikan bahwa aspek finansial betul-betul bisa diawasi," kata Ferry Paulus, seperti dikutip KBR dari situs ligaindonesiabaru, Kamis, (27/6).

Selain batasan belanja pemain setiap klub, LIB juga menetapkan jatah pemain asing, dari enam menjadi delapan orang.

"Sebanyak delapan pemain boleh mengisi daftar susunan pemain. Sedangkan yang diturunkan di starting eleven maksimal enam pemain. Untuk pergantian, pemain asing menggantikan pemain asing lainnya. Bebas, boleh Asia atau pun non-Asia," ungkap Direktur Utama LIB, Ferry Paulus.

Lalu, aturan baru lain adalah soal penggunaan pemain U-22.

"Setiap klub wajib memainkan paling sedikit satu pemain U-22 atau kelahiran 1 Januari 2003, dengan durasi bermain minimal 45 menit. Musim lalu, batas usia penggunaan pemain muda yakni U-23."

Perubahan ini wujud sinergi LIB dengan Timnas Indonesia. Sebab, akan ada SEA Games kategori usia di bawah 22 tahun pada 2025. Kemudian, untuk lisensi klub, yang sebelumnya di bawah PSSI, kini diambil-alih LIB. Saat ini, ada sepuluh klub yang belum lolos lisensi, dan wajib remedial sebelum kompetisi dimulai.

Aturan baru itu ditetapkan sebelum bergulirnya musim baru, lewat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Tahunan 2024 di Jakarta, Rabu, 26 Juni 2024. RUPS dihadiri pemegang saham, yakni klub-klub Liga 1 dan PSSI. Rapat membahas sejumlah hal, seperti kegiatan korporasi, dan laporan keuangan persereoan. PT LIB adalah operator kompetisi Liga 1.

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!