NASIONAL

Jokowi Gelontorkan Rp1,3 Triliun Perbaiki Jalan di Jateng

"Dan kita harapkan ini lebih awet dan juga ruas-ruas jalan yang ada di Jawa Tengah."

AUTHOR / Heru Haetami

Jokowi tunjau perbaikan jalan rusak di Lampung Tengah
Presiden Jokowi (kanan) meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, Kabupaten Magelang, Senin (22/01/2024). (Foto: BPMI Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengeklaim menggelontorkan Rp14,6 triliun untuk anggaran Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah tahun 2023. Khusus Jawa Tengah, anggarannya mencapai Rp1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan.

Jokowi menyebut untuk Kabupaten Magelang, biaya yang digelontorkan Rp31,9 miliar. Nominal itu untuk membangun empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer.

"Dan kita harapkan ini lebih awet dan juga ruas-ruas jalan yang ada di Jawa Tengah lebih mulus lebih baik lagi," kata Jokowi saat meresmikan Inpres Jalan Daerah Ruas Muntilan-Keningar, Magelang, Senin (22/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan perbaikan ruas jalan jalur evakuasi Gunung Merapi harus menggunakan material beton. Kata dia, material ini akan lebih kuat lantaran jalur tersebut menjadi akses truk besar pengangkut pasir.

"Ruas Muntilan-Keningar-Sukomakmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi. Sehingga perlu saya lihat, saya tinjau dan sudah selesai. Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini tidak dengan aspal, tapi dengan rigid beton, ini akan memberikan keawetan. Karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar sehingga dibangun dengan rigid beton," kata Jokowi.

Baca juga:

Editor: Wahyu S.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!