NASIONAL

Erick Thohir: Bakal Dibangun Kanal Air di Depo BBM Plumpang

"Salah satu buffer zone yang diusulkan ada kanal air, supaya tentu mengurangi hal-hal yang tentu tidak diinginkan."

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Plumpang
Foto udara permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta (4/3/2023). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

KBR, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, bakal ada pembangunan kanal air sebagai zona aman atau buffer zone di Depo BBM Plumpang, Jakarta Utara milik PT Pertamina.

Adapun buffer zone tersebut dibangun agar ada jarak antara terminal BBM dengan permukiman warga. Hal ini guna mencegah risiko bencana seperti saat terminal BBM tersebut terbakar pada Jumat, 3 Maret 2023 dan mengakibatkan 29 korban meninggal.

“Salah satu buffer zone yang diusulkan ada kanal air, supaya tentu mengurangi hal-hal yang tentu tidak diinginkan. Jadi ini yang kita lakukan sementara,” kata Erick saat Rapat Kerja bersama komisi bidang BUMN DPR, Senin (20/3/2023).

Baca juga:

- Ada 9 Depo BBM dengan Kondisi Dekat Permukiman

- Belasan Tahun Berstatus Kontrak , Sopir Mobil Tangki Pertamina Mogok Kerja

Rencananya buffer zone tersebut akan dibangun dengan luas 52,5 meter sesuai jarak batas aman minimal menurut National Fire Protection Association.

Dari proyek itu, diperkirakan bakal ada 783 unit bangunan yang akan terdampak pembangunan buffer zone

Editor: Fadli

  • Plumpang
  • Depo BBM
  • Pertamina
  • Kanal Air

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!