NASIONAL

Bertemu PM Ceko, Jokowi Bahas Kerja Sama dan Isu Strategis

"Kami juga sepakat menjajaki kerjasama joint production antara industri strategis, transfer teknologi, dan capacity building"

Astri Septiani

Jokowi Bertemu PM Ceko Fiala
Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 April 2023. Foto: Biro Setpres

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Ceko, Petr Fiala di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, 18 April 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi membahas kerja sama perdagangan, investasi, pertahanan dan industri strategis, serta tentang isu ASEAN dan Indo-Pasifik.

"Saya juga menyampaikan terkait beberapa regulasi EU [European Union] yang diskriminatif dan pentingnya mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-EU CEPA. Kami juga sepakat menjajaki kerjasama joint production antara industri strategis, transfer teknologi, dan capacity building," ucap Jokowi usai pertemuan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023)

Jokowi menambahkan dalam pertemuan itu dirinya mengundang Ceko untuk hadir dalam Indo-Pacific Infrastructure Forum yang akan digelar di Indonesia pada tahun ini.

Tujuannya, kata dia, untuk membangun arsitektur yang inklusif agar stabilitas, perdamaian dan kemakmuran dapat dijaga.

Kepala negara menyebut kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia.

Baca juga:

- Presidensi G20, Jokowi: RI Akan Wujudkan Kemakmuran Dunia yang Lebih Adil

- Bertemu Xi Jinping, Jokowi: RRT Mitra Strategis Indonesia

Selanjutnya Fiala dalam sambutan menyampaikan selamat atas presidensi Indonesia di G20, sekaligus mengucapkan selamat atas keketuaan ASEAN pada tahun depan.

Turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Editor: Resky Novianto

  • Presiden Jokowi
  • PM Ceko
  • bilateral

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!