NASIONAL

Batal Berkantor Permanen di IKN, Jokowi: Bandara Belum Selesai

Karena memang banyak hal yang belum selesai, misalnya airport belum.

AUTHOR / Astri Yuanasari

EDITOR / Wahyu Setiawan

Batal Berkantor Permanen di IKN, Jokowi: Bandara Belum Selesai
Presiden Jokowi (kanan) menjawab pertanyaan watawan saat perdana berkantor di IKN, Senin (29/7/2024). ANTARA FOTO/Mentari Dwi Gayati

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berpikir ulang untuk berkantor secara permanen di Ibu Kota Nusantara (IKN), September mendatang. Jokowi beralasan, pembangunan bandara belum selesai.

Jokowi mengatakan, bandara adalah infrastruktur vital pemerintahan untuk menuju ke berbagai daerah di Indonesia.

"(September jadi berkantor di IKN pak?) Lihat kondisi lapangan. Karena memang banyak hal yang belum selesai, misalnya airport belum. Sehingga nanti kalau sudah pindah ke sana mestinya kalau kami mau ke Papua ya dari IKN, kalau kami mau ke NTT dari IKN, mau ke Aceh dari IKN. Kalau airportnya belum jadi? (Sebelumnya kan nunggu listrik dan air pak, sekarang nunggu airport?) Airport, " kata Jokowi dalam keterangan pers kepada wartawan, Rabu (28/8/2024).

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Jokowi bakal berkantor secara permanen di IKN pada September 2024. Rencana itu akan disesuaikan dengan agenda kepala negara.

Heru mengatakan keinginan Jokowi untuk berkantor di IKN sudah direncanakan sejak lama, bukan untuk menghindari tekanan politik yang sedang memanas di Jakarta.

"(Bukan karena menghindari tekanan politik?) Enggak enggak kan beliau sudah menyampaikannya sudah lama," kata Heru kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!