Bukan Cuma Milenial, Kini Anak PAUD Juga 'Mainan' Podcast

"Pada tahun 2018 telah terealisasi sebanyak 525 satuan pendidikan TK/PAUD sebagai rintisan sekolah model media audio."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 01 Okt 2019 16:52 WIB

Author

Adi Ahdiat

Bukan Cuma Milenial, Kini Anak PAUD Juga 'Mainan' Podcast

Ilustrasi: Tren podcast menjangkau anak-anak. (Foto: Pxhere)

KBR, Jakarta- Saat ini podcast populer di kalangan milenial. Menurut survei Daily Social tahun 2018, mayoritas pendengar podcast di Indonesia berasal dari kelompok usia 20-29 tahun.

Tapi, bukan berarti tren podcast tidak menjangkau anak-anak. Menurut Badan Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK), di tahun 2018 saja sudah ada ratusan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menerapkan pembelajaran berbasis podcast

"Pada tahun 2018 telah terealisasi sebanyak 525 satuan pendidikan TK/PAUD sebagai rintisan sekolah model media audio," jelas BPMRPK dalam laporan kinerjanya.

Beragam konten podcast untuk PAUD itu bisa diakses juga secara bebas di situs Radio Edukasi.


Podcast Buatan BPMRPK Kemendikbud

BPMRPK adalah lembaga di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertugas mengembangkan pendidikan berbasis media radio sejak 1980.

Menariknya, sejak tahun 2014 mereka juga mengembangkan materi pembelajaran berbasis podcast untuk anak-anak dan guru, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

Hal ini dijelaskan peneliti BPMRPK Faiza Indriastuti dan Wawan Tri Saksono dalam laporan Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio (2014).

"Podcast media audio pembelajaran yang dikembangkan BPMRP Kemdikbud ini dirancang untuk dapat diunduh dan didengarkan, sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik," jelas mereka.

Sampai sekarang BPMRPK sudah memiliki seribuan konten podcast bertema edukasi, serta konten perpaduan edukasi dan hiburan atau edutainment.

Materinya pun beragam mulai dari pembelajaran PAUD, pendidikan tunanetra, pendidikan karakter, pengetahuan umum SD-SMP, pelajaran bahasa Inggris SD-SMP, sampai materi bimbingan untuk guru.

Menurut Faiza dan Wawan (2014), podcast adalah sumber belajar yang efektif karena mampu menggugah imajinasi, dan kontennya lebih dinamis ketimbang buku.

"Dalam e-learning, podcast bisa menjadi media yang efektif bagi peserta didik yang mempunyai kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Karena podcast dinilai dapat menjelaskan hal-hal yang tidak mereka pahami," kata mereka.

 

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Cina Berencana Melarang Teknologi Asing di Seluruh Kantor Pemerintahan dan Institusi Publik

Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Aceh

Menteri Nadiem Ungkap Pengganti Ujian Nasional

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7