Article Image

NASIONAL

Optimalkan Wakaf, Perluas Manfaat untuk Umat

"Wakaf jadi salah satu instrumen berbagi dalam tradisi Islam yang punya manfaat luas. Kini berwakaf semakin mudah karena asetnya tak cuma tanah. "

KBR, Jakarta - Bagi umat Islam kata ‘wakaf’ sudah tak asing lagi, seperti halnya sedekah dan infak yaitu memberikan barang yang dimiliki untuk orang lain, tetapi berbeda dari sisi tata cara serta tujuannya.

Pakar keuangan Islam Ai Nur Bayinah menyebut wakaf sebagai instrumen berbagi yang bisa dilakukan oleh tiap muslim. Meski bukan kewajiban, aset atau barang yang diwakafkan haruslah harta terbaik yang dimiliki dan bermanfaat bagi banyak orang.

Wakaf juga semakin istimewa karena termasuk amal jariyah, yakni pahalanya terus mengalir meski pewakaf (wakif) nya sudah meninggal dunia. 

“Wakaf ada peruntukannya dan biasanya dikhususkan untuk hal-hal yang sustain, yang harus dijaga keberadaannya supaya tetap bisa dimanfaatkan oleh banyak orang,” ujar Ai.

Dalam praktiknya, wakaf sering diasosiasikan dengan tanah. Memang, wakaf dalam bentuk tanah selama ini lebih populer dibandingkan aset lain. Sistem Informasi Wakaf (SIWAK) Kementerian Agama tahun 2021 mencatat potensi wakaf tanah di Indonesia mencapai sekitar 55 ribu hektar. Tanah-tanah tadi biasanya digunakan untuk fasilitas umum.

“Misalnya untuk membantu pendirian tempat ibadah, masjid, dan sekolah,” kata Ai.

Namun, kini berwakaf makin mudah. Pada 2001 Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa wakaf tak mesti berupa tanah, tetapi bisa uang, saham, bahkan asuransi.

"Beberapa manajer investasi sudah punya bundling ke wakaf saham. Jadi kita punya saham, bisa langsung diinvestasiin, mau diwakafkan, apakah diwakafkan hasilnya, atau diwakafkan sahamnya,” jelas dosen STEI SEBI ini.

Baca juga:

Potensi Ekonomi Zakat untuk Kemaslahatan Umat

Benarkah Saham Syariah Lebih Menguntungkan?

Green Sukuk: Peran Keuangan Islam Selamatkan Lingkungan

Ai Nur Bayinah menyebut berwakaf zaman sekarang makin mudah karena didukung digitalisasi (Foto: dok pribadi)

Era digitalisasi juga makin mempermudah para wakif. Berwakaf sekarang bisa dilakukan lewat aplikasi di telepon pintar.

“Di Undang-Undang P2SK, bank syariah bisa menerima wakaf uang. Kemudian bisa lewat asuransi syariah, lewat manager investasi, lewat beli saham, kemudian juga bisa juga lewat sukuk. Kita juga punya cash wakaf linked sukuk. Jadi pilihannya banyak sekali nih,” ucapnya.

Harapannya dana yang terkumpul bisa bermanfaat dan memberi efek pengganda secara sosial. Misalnya masyarakat bisa mendapat akses kesehatan yang baik dari fasilitas hasil wakaf.

“Kenapa (biaya berobat) bisa mahal? Biaya kuliahnya saja sudah mahal banget. Gimana caranya supaya dokter-dokter mau buka layanan dengan harga murah? Yuk, pendidikannya kita support, ada beasiswa berbasis wakaf. Kemudian didirikan rumah sakit. Rumah sakitnya juga nggak bayar, berbasis wakaf juga,” kata Ai.

Dengarkan penjelasan lengkap soal wakaf bersama Pakar Keuangan Islam yang juga Dosen STEI SEBI Ai Nur Bayinah di Uang Bicara episode Optimalkan Wakaf, Perluas Manfaat untuk Umat di KBR Prime, Spotify, Apple Podcast, dan platform mendengarkan podcast lainnya.