INTERNASIONAL

Terima Uang dari Pengusaha, Gubernur Tokyo Mengundurkan Diri

Gubernur Tokyo, Jepang mengundurkan diri setelah mengaku menerima uang dari pengusaha rumah sakit sesaat sebelum dia terpilih menjadi Gubernur Tokyo.

AUTHOR / Rumondang Nainggolan

Terima Uang dari Pengusaha, Gubernur Tokyo Mengundurkan Diri
gubernur tokyo, mundur, terima uang

KBR68H - Gubernur Tokyo, Jepang mengundurkan diri setelah mengaku menerima uang dari pengusaha rumah sakit sesaat sebelum dia terpilih menjadi Gubernur Tokyo. Naoki Inose mengatakan uang senilai 500 ribu Dollar atau sekitar Rp 8,3 miliar sebagai pinjaman pribadi dari operator Tokushukai.

Inose menyebutkan pengunduran dirinya untuk menghindari pengaruh terhadap persiapan Tokyo jelang Olimpiade 2020. Inose terpilih sebagai pemimpin salah satu kota terbesar di dunia pada Desember tahun lalu. Dia juga yang menjadi kunci dipertimbangkannya Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

“Saya seharusnya tidak menunda pengunduran diri supaya tidak mempengaruhi persiapan Olimpiade dan Paralimpic. Saya sebenarnya ingin menyelesaikan tugas saya dan memberikan penjelasan kepada Dewan Kota, warga Tokyo dan juga warga Jepang, namun saya tidak bisa lagi menghapus keraguan orang-orang kepada saya,”ujar Inose.

Karena itu, satu-satunya cara adalah dengan mengundurkan diri. Inose menjadi Gubernur Tokyo menggantikan Shintaro Ishihara pada Oktober 2012.  (BBC)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!