INTERNASIONAL

Tentara AS yang Menghilang di Irak Kembali Ditahan

KBR

AUTHOR / Sefiana Putri Tingginehe

Tentara AS yang Menghilang di Irak Kembali Ditahan
tentara AS, irak

KBR – Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Wassef Ali Hassoun kembali ditahan. Sebelumnya pria kelahiran Lebanon berusia 34 tahun itu diduga membelot dari karir ketentaraan.

Ini kedua kalinya ia kembali ke Amerika Serikat setelah menghilang di Irak tahun 2004. Ia sempat kembali ke Amerika untuk menyatakan bahwa dirinya diculik dan menunjukkan bukti video palsu sebelum akhirnya menghilang kembali.

Juru bicara Angkatan Laut AS, Eric Flanagan mengatakan Hassoun menyerahkan diri dan kemudian diterbangkan dari lokasi yang dirahasiakan di Timur Tengah menuju Norfolk, Virginia, Minggu kemarin. Ia akan dipindahkan ke Kamp Lejeune di North Carolina hari ini, Senin (30/06).

USA Today  melansir, Hassoun diduga meninggalkan pangkalannya di Fallujah, Irak pada 20 Juni 2004 dengan membawa senjata tugasnya jenis pistol kaliber 9 mm dan kendaraan Humvee. Ia kemudian masuk ke dalam daftar pembelot.

Tanggal 8 Juli 2004, setelah video palsu penculikan dirinya beredar, Hassoun menyerahkan diri ke Kedutaan Besar AS di Lebanon. Ia kemudian diterbangkan ke AS dan menghadapi tuntutan atas tindakan pencurian, pembelotan, dan beberapa tuntutan lainnya.

Hassoun sempat diizinkan untuk menemui keluarganya sambil menunggu proses peradilan. Namun, ia kembali menghilang dan dimasukkan kembali ke daftar pembelot pada Januari 2005.

Kasus yang hampir sama terjadi pada Sersan Bowe Bergdahl yang diduga melarikan diri dari pangkalannya di Afganistan saat bertugas lima tahun lalu. Bergdahl kemudian ditangkap oleh kelompok Taliban dan dibebaskan dengan perjanjian pada 31 Mei.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!