INTERNASIONAL

Suku Badui Arab Protes Israel Pindahkan Pemukiman Mereka

KBR68H - Suku Badui Arab yang tinggal di daerah Israel menolak rencana pemindahan pemukiman mereka oleh pemerintah setempat.

AUTHOR / Dimas Rizky

Suku Badui Arab Protes Israel Pindahkan Pemukiman Mereka
Badui Arab, Israel, Pemukiman

KBR68H - Suku Badui Arab yang tinggal di daerah Israel menolak rencana pemindahan pemukiman mereka oleh pemerintah setempat. Israel berdalih, pemindahan dilakukan untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, termasuk pemberian fasilitas infratrukstur di sana. Ribuan anggota suku protes dengan berdemo di gurun Negev dan kota-kota sekitarnya. Aksi protes yang awalnya berlangsung damai tiba-tiba rusuh akibat polisi setempat yang berupaya membubarkan para pendemo dengan gas air mata dan kanon air. Aksi itu kemudian dibalas pendemo dengan lemparan batu. Akibat insiden itu, puluhan warga dan polisi terluka. Kepolisian juga menangkap dua puluhan anggota suku lainnya di kota Haifa dan Hura. Suku Badui memilih menetap di Israel pada 1948 setelah sebelumnya mereka berpindah tempat dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Meski sudah menetap puluhan tahun, namun mereka tidak mendapatkan akses seperti warga Israel lainnya seperti listrik dan air bersih. (BBC)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!