INTERNASIONAL

Sekolah di Boston Sediakan Kondom Gratis

Kini kondom gratis disebar di sekolah-sekolah SMA di Boston sebagai bagian dari seks aman.

AUTHOR / Suryawijayanti

Sekolah di Boston Sediakan Kondom Gratis
kondom, boston

KBR68H- Kini kondom gratis disebar di sekolah-sekolah SMA di Boston sebagai bagian dari seks aman. Kebijakan kondom gratis ini telah disetujui lewat pemunguta suara oleh Komite Sekolah Boston untuk  memperluas distribusi kondom gratis di 32 sekolah dengan 17 ribu siswa. Orang tua akan memiliki hak untuk membebaskan anak-anak mereka dalam mendapatkan kondom. Sekolah akan mendistribusikan kondom atas permintaan, setelah sesi konseling singkat dengan perawat atau anggota staf lain.

Beberapa wilayah di AS, termasuk New York dan Los Angeles, telah menerapkan kebijakan tersebut. Penyebaran kondom ini tidak menyedot anggaran, karena kondom disediakan oleh lembaga kesehatan masyarakat.

Pembagian kondom gratis kepada siswa sekolah ini menyulut penolakanm khususnya dari kalangan gereja. Keuskupan Agung Boston mengeluarkan pernyataan yang menyerukan pembagian kondom merupakan hal yang sesat.

Sementara itu, Bill Albert dari Komisi Nasional Pencegahan Kehamilan Remaja dan Tak Terencana menyatakan orangtua sering takut kemudahan mengakses alat kontrasepsi akan mendorong remaja untuk berhubungan seks lebih awal atau lebih sering. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa tidak terjadi, katanya.

Kebijakan kondom merupakan bagian dari inisiatif kesehatan yang lebih luas di sekolah-sekolah Boston, termasuk memperluas pendidikan seks, nutrisi yang lebih baik dan aktivitas fisik bagi siswa.(Reuters)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!