INTERNASIONAL

Pendiri Gereja Mormon Poligami 40 Istri

KBR - Gereja Mormon mengakui pendirinya, Joseph Smith mempunyai 40 istri. Dia poligami sudah bertahun-tahun dan tertutup ke publik.

AUTHOR / VoA

Pendiri Gereja Mormon Poligami 40 Istri
Gereja Mormon, poligami

KBR - Gereja Mormon mengakui  pendirinya, Joseph Smith mempunyai 40 istri. Dia poligami sudah bertahun-tahun dan tertutup ke publik.
 
Situs Gereja Jesus Christ of Latter-day Saints melaporkan Joseph Smith menikahi banyak perempuan. Dia juga mengijinkan pembantu-pembantu dekatnya untuk mempraktekkan poligami pada  awal-awal gerakan Mormon di Ohio dan Illinois.

Laporan  itu mengatakan sebagian besar para istri Smith berusia 20-40 tahun meskipun salah seorang istrinya Helen Mar Kimball dinikahi ketika berusia 14 tahun.

Sebagian dari perkawinan itu berlangsung secara tradisional. Sementara yang lainnya secara spiritual. Namun mereka tidak berhubungan seksual.

Gereja Mormon sudah lama mengecam poligami dan hanya mengakui pernikahan pertama Smith dengan istrinya Emma. Gereja yang didirikan tahun 1830 itu, 60 tahun kemudian melarang poligami setelah mendapat tekanan dari pemerintah Amerika yang mengancam keberadaannya di Utah. Meski demikian sebagian pengikut Mormon  menolak mengecam poligami.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!