INTERNASIONAL

Pelaku Penyerang Etnis Uighur Menyerahkan Diri

KBR - Sebanyak 18 orang tersangka penyerang warga Uighur di Xinjiang, Tiongkok menyerahkan diri hari ini. Sebelumnya, polisi setempat telah menembak mati 59 pelaku aksi keji yang menewaskan 37 warga sipil dari etnis minoritas tersebut.

AUTHOR / Bambang Hari

Pelaku Penyerang Etnis Uighur Menyerahkan Diri
uighur, tiongkok, xinjiang

KBR - Sebanyak 18 orang tersangka penyerang warga Uighur di Xinjiang, Tiongkok menyerahkan diri hari ini. Sebelumnya, polisi setempat telah menembak mati 59 pelaku aksi keji yang menewaskan 37 warga sipil dari etnis minoritas tersebut. Seperti dikutip Kantor Berita Reuters, pejabat setempat mengatakan, sebagian besar tersangka bukan merupakan anggota militan fanatik, tapi kebanyakan dari mereka telah ditipu dan dipaksa untuk bergabung dalam serangan itu.

Sementara itu, pejabat dari bidang keamanan publik setempat, Abdulkeyum Abdukhadir, mengatakan, tersangka yang masih buron harus menyerahkan diri dan akan diberi hukuman yang ringan. Kelompok militan bertopeng menyerang kantor-kantor pemerintahan dan kantor polisi pada 28 Juli di Shache yang berada di Xinjiang selatan.

Belakangan pemerintah Tiongkok memberlakukan beberapa larangan seperti larangan pria berjenggot dan perempuan berjilbab menaiki bus umum di kawasan Xinjiang karena alasan keamanan. Kekerasan etnis dan separatisme memang telah membuat Tiongkok memperketat keamanan wilayah Xinjiang. (Reuters)


Editor: Quinawaty Pasaribu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!