INTERNASIONAL

Pasca Bentrok, Afrika Tengah Sepakat Dialog dengan Pemberontak

Pemerintah Republik Afrika Tengah dan pemberontak Seleka sepakat untuk berdialog pasca bentrokan yang sudah terjadi beberapa pekan terakhir.

AUTHOR / Novri Lifinus

Pasca Bentrok, Afrika Tengah Sepakat Dialog dengan Pemberontak
Pemberontakan


KBR68H - Pemerintah Republik Afrika Tengah dan pemberontak Seleka sepakat untuk berdialog pasca bentrokan yang sudah terjadi beberapa pekan terakhir.


Keputusan ini disepakati setelah kedua belah pihak terlibat bentrok di Kota Bambari, kemarin. Banyak pihak mengkhawatirkan, pemberontak akan merebut ibukota Bangui. Sebelum kesepakatan ini terjadi, Presiden Francois Bozize sempat meminta bantuan Perancis dan Amerika Serikat untuk menghentikan pemberontak yang sudah berhasil merebut sejumlah kota. Seleka merupakan aliansi dari tiga kelompok pemberontak. Mereka mengambil alih Bambari pekan lalu setelah sebelumnya merebut wilayah penambangan berlian kaya di sekitar Bria. Mereka kecewa dengan Presiden Bozize yang tidak mematuhi kesepakatan damai lima tahun lalu. Saat itu, pemberontak bersedia berdamai namun dengan syarat mereka mendapat bayaran. Aksi mereka kali ini bertujuan untuk menggulingkan kekuasaan Bozize.(BBC)


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!