INTERNASIONAL

Oposisi Kamboja Tolak Kemenangan Hun Sen

Partai oposisi di Kamboja menolak kemenangan pemilu yang diklaim kubu partai penguasa CPP. Partai Penyelamat Nasional Kamboja, CNRP menuding pemilu hari Minggu (28/7), diwarnai banyak kecurangan dan pelanggaran serius. Partai CNRP mendesak Komisi Pemiliha

AUTHOR / Agus Lukman

Oposisi Kamboja Tolak Kemenangan Hun Sen
pemilu kamboja, hun sen

KBR68H - Partai oposisi di Kamboja menolak kemenangan pemilu yang diklaim kubu partai penguasa CPP. Partai Penyelamat Nasional Kamboja, CNRP menuding pemilu hari Minggu (28/7), diwarnai banyak kecurangan dan pelanggaran serius. Partai CNRP mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kamboja, LSM dan PBB menyelidiki dugaan kecurangan itu.

Kelompok oposisi menyebut pemilu kali ini sebagai pemilu paling kacau di tanah Kamboja. Pemilu tidak beres antara lain disebabkan hilangnya banyak nama pemilih, serta ada ribuan kasus penggunaan hak pilih oleh orang lain.

Kelompok lain memprotes penggunaan tinta pemilu yang mudah dihapus. Ini memudahkan penyalah gunaan hak pilih orang lain untuk memenangkan partai penguasa. "Sangat sulit mengatakan ini pemilu yang bebas dan adil," kata Kol Preap, Direktur Eksekutif Transparansi Internasional Kamboja.

Sebelumnya, Partai CPP mengklaim kemenangan dalam pemilu yang digelar Minggu kemarin. Meski belum ada putusan resmi, partai pendukung Perdana Menteri Hun Sen itu dinyatakan telah merebut lebih dari setengah dari jumlah kursi Parlemen. Jika klaim kemenangan itu terbukti, Hun Sen akan memperpanjang kekuasaan yang sudah ia duduki selama 28 tahun. (AFP)

Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!