INTERNASIONAL

Kroasia Miliki Presiden Perempuan Pertama

Kolinda Grabar-Kitarovic memenangkan pemilu Kroasia, Minggu (11/1) waktu setempat. Dia adalah presiden perempuan pertama Kroasia.

AUTHOR / Eli Kamilah

Kroasia Miliki Presiden Perempuan Pertama
kroasia

KBR - Kolinda Grabar-Kitarovic memenangkan pemilu Kroasia, Minggu (11/1) waktu setempat. Dia adalah presiden perempuan pertama Kroasia. 


Kitarovic memenangkan 50,5% suara dari 99% suara yang sudah dihitung, sementara Ivo Josipovic yang saat ini menjabat sebagai presiden Kroasia, memperoleh 49,5%. Josipovic telah mengakui kekalahannya dan mengucapkan selamat kepada Grabar-Kitarovic. 


Kemenangan Grabar-Kitarovic merupakan indikator bahwa Kroasia dapat bergeser ke sayap kanan setelah kegagalan koalisi kiri-tengah untuk mengakhiri penurunan ekonomi selama enam tahun terakhir. 


Grabar-Kitarovic adalah anggota dari partai politik konservatif Uni Demokratik Kroasia (HDZ) yang mendorong Kroasia menuju kemerdekaan dari Yugoslavia pada tahun 1991. Wanita berusia 46 tahun itu adalah bekas menteri luar negeri dan asisten sekretaris jenderal NATO. 


Kroasia, yang menjadi anggota terbaru dari Uni Eropa ketika bergabung di Juli 2013, memiliki tingkat pengangguran mendekati 20%. (bbc) 


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!