INTERNASIONAL

Korban Tewas Kapal Ferry Korsel Hampir 60 Orang

Ratusan penyelam Korea Selatan masuk ke dalam kapal ferry Sewol yang tenggelam untuk terus mencari korban. Sementara angka korban tewas hari Minggu mencapai 58 orang dan 246 lainnya masih belum ditemukan. Sebagian besar korban adalah siswa SMA

AUTHOR / Tony Hotland

Korban Tewas Kapal Ferry Korsel Hampir 60 Orang
kapal ferry, korsel

KBR68H, Washington - Ratusan penyelam Korea Selatan masuk ke dalam kapal ferry Sewol yang tenggelam untuk terus mencari korban. Sementara angka korban tewas hari Minggu mencapai 58 orang dan 246 lainnya masih belum ditemukan. Sebagian besar korban adalah siswa SMA.

Para penyelam itu, termasuk relawan warga sipil, bergelut mengatasi arus kuat bawah air dan jarak pandang yang buruk untuk memasuki ferry itu, yang tenggelam hari Rabu dengan 476 orang di dalamnya di lepas pantai pulau Jindo.

Garda Pantai Korea Selatan mengatakan para penyelam berhasil memecahkan sebuah jendela kapal itu Sabtu malam dan menemukan beberapa mayat dalam operasi yang diperkirakan akan berlangsung lama.

Baru ada 174 orang diketahui selamat, dan mereka belum menemukan satupun korban selamat sejak Rabu.

Data pelacak menunjukkan kapal itu berbelok tajam ketika sedang melintasi sejumlah pulau kecil di pesisir baratdaya itu. Kapten dan dua awak kapal itu hari Sabtu ditangkap dengan tuduhan meninggalkan para penumpang ketika kapal mulai tenggelam.

Hari Jumat, kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip para penyidik yang mengatakan belokan tajam itu mungkin mengakibatkan 180 kendaraan dan muatan kargo seberat hampir 1.200 ton bergeser sehingga kapal itu miring. (VOA)

Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!