INTERNASIONAL

Jelang Waisak, Berbuat Baiklah Pada Binatang Peliharaan

Banyak biara di Singapura yang jadi tempat penampungan binatang peliharaan yang terlantar.

AUTHOR / Vitri Angreni

Jelang Waisak, Berbuat Baiklah Pada Binatang Peliharaan
Singapura, waisak, Biara, peliharaan, Vitri Angreni

KBR – Jelang Hari Raya Waisak besok, sebuah biara di Singapura mendorong jemaatnya untuk berbuat baik kepada binatang. Menurut para relawan di biara, membantu semua makhluk untuk bebas dari penderitaan adalah salah satu prinsip inti Buddhisme. Caranya bisa dengan melepaskan hewan tersebut ke alam liar, atau melindungi kehidupan mereka dengan cara lain yang bisa dilakukan masyarakat.
 
Sejumlah biara di sana memang sering diminta bantuan untuk memelihara binatang yang ditelantarkan oleh pemiliknya. Salah satunya adalah Biara Kong Meng San Phor Kark See. Meski biara sejatinya adalah tempat ibadah, biara itu telah menampung 30 anjing yang ditinggalkan, untuk diadopsi di sebuah penampungan di Pasir Ris.
 
Relawan di biara Buddha itu juga membantu mengumpulkan dana bagi binatang terlantar di Hari Waisak. Kegiatan ini sudah memasuki tahun kedua. Tahun lalu, biara itu berhasil mengumpulkan beberapa ribu dolar untuk hewan peliharaan terlantar di sembilan biara di Singapura.
 
Beberapa umat berpikir dengan menyerahkan hewan peliharaan mereka ke biara, itu sama dengan memberikan binatang itu kebebasan. Tapi biara mengatakan ini adalah konsep yang salah. Biarawan Chuan Guan, penasihat spiritual di Biara Kong Meng San Phor Kark See mengatakan memberikan kebebasan berbeda dengan pemilik yang membuang hewan peliharaan mereka. (channelnewsasia.com)
 
Editor: Citra Dyah Prastuti


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!