INTERNASIONAL

Jacob Zuma Persembahkan Kemenangan Pemilu untuk Nelson Mandela

KBR - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mempersembahkan kemenangannya dalam pemilu kepada bekas Presiden negara tersebut, Nelson Mandela. Minggu ini adalah tahun ke-20 mendiang pemimpin pembebasan itu dilantik menjadi presiden Afrika Selatan.

AUTHOR / Sindu Dharmawan

Jacob Zuma Persembahkan Kemenangan Pemilu untuk Nelson Mandela
pemilu, afrika, selatan, jacob, mandela

KBR - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mempersembahkan kemenangannya dalam pemilu kepada bekas Presiden negara tersebut, Nelson Mandela. Minggu ini adalah tahun ke-20 mendiang pemimpin pembebasan itu dilantik menjadi presiden Afrika Selatan. Jacob mengatakan, mendedikasikan kemenangannya tersebut kepada Madiba, dan berjanji untuk terus mengambil warisannya. Madiba adalah nama klan dari Nelson Mandela.

Jacob Zuma meraih 62 persen lebih suara, dan akan kembali memimpin untuk lima tahun kedepan. Usai pengumuman hasil suara tersebut, secara terbuka Zuma mengatakan, kemenangannya adalah mandat luar biasa sejak berakhirnya kekuasaaan minoritas kulit putih. Nostalgia untuk bapak bangsa Nelson Mandela yang meninggal Desember lalu, berhasil membantu membawa dukukungan untuk partai berkuasa tersebut pada pemilu Rabu pekan lalu, meski serangkaian skandal korupsi, persoalan pengangguran masih terjadi di sana. (NST)

Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!