INTERNASIONAL

IMF Pangkas Pertumbuhan Ekonomi di Seluruh Dunia

KBR68H, Washington - Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia

AUTHOR / Eva Mazrieva

IMF Pangkas Pertumbuhan Ekonomi di Seluruh Dunia
IMF, pertumbuhan ekonomi dunia, dipangkas

KBR68H, Washington - Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia – umumnya karena ekspansi telah melamban di Cina, India, Brazil dan negara-negara berkembang lainnya.

IMF hari Selasa mengatakan mereka memprediksi pertumbuhan ekonomi global 2,9 persen tahun ini dan 3,6 persen tahun 2014, keduanya turun dari proyeksi sebelumnya. IMF yang berbasis di Washington itu mengatakan pertumbuhan ekonomi telah melamban atau tidak berubah di seluruh dunia.

Pada saat bersamaan, direktur ekonomi IMF, Olivier Blanchard, memperingatkan kemungkinan terjadinya gangguan finansial besar-besaran di seluruh dunia jika Amerika tidak meningkatkan batas pinjamannya dalam beberapa hari mendatang untuk menghindari gagal bayar utangnya. Pemerintah Amerika kini di tengah-tengah penutupan sebagian operasi pemerintah dalam hari ke-delapan dan pada saat bersamaan kehabisan uang untuk membayar semua tagihannya.

Para pejabat keuangan Amerika mengatakan Kongres Amerika perlu menaikkan batas utang pemerintah sebesar $16,7 triliun selambatnya tanggal 17 Oktober sehingga dapat terus meminjam uang untuk mendanai operasinya dan membayar bunga atas sejumlah besar sekuritas pemerintah di tangan Cina, Jepang dan para investor lainnya di luar negeri.

Blanchard mengatakan penutupan sebagian operasi pemerintah, jika tidak berlangsung terlalu lama mungkin dampaknya terbatas pada ekonomi dunia, tetapi gagal bayar utang pemerintah Amerika bisa menjadi bencana.

IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi 7,3 persen tahun depan di Cina, ekonomi terbesar kedua di dunia setelah Amerika, turun dari pertumbuhan 7,6 persen tahun ini. IMF melihat ekspansi 5,1 persen di India, suatu peningkatan dibanding tahun ini, tapi masih lebih rendah dari yang diprediksi. IMF mengatakan pertumbuhan ekonomi di Brasil akan stabil, sebesar 2,5 persen tahun ini dan tahun depan.

Pada saat bersamaan, IMF mengatakan pertumbuhan ekonomi Amerika tidak seberapa, yaitu 1,6 persen tahun ini dan naik menjadi 2,6 persen tahun 2014, sementara kedua prediksi ini turun dari prediksi bulan Juli.

IMF mengatakan ekonomi di ke-17 negara zona euro akan turun empat persepuluh persen tahun ini dan berekspansi 1 persen tahun 2014. Secara kolektif, ekonomi zona euro lebih besar daripada Amerika dan merupakan salah satu mitra dagang penting di seluruh dunia, tetapi negara-negara yang dililit utang di wilayah barat dan selatan zona euro menyebabkan resesi 18 bulan. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!