INTERNASIONAL

Enam Cara Mudah Mencegah Flu

KBR68H - Meskipun flu jarang dianggap sebagai penyakit serius, namun penyakit yang sering terjadi di sekitar kita ini sering membuat berbagai aktivitas terganggu selama beberapa hari.

AUTHOR / Aisyah Khairunnisa

Enam Cara Mudah Mencegah Flu
cara mudah, mencegah flu, minum air putih

KBR68H - Meskipun flu jarang dianggap sebagai penyakit serius, namun penyakit yang sering terjadi di sekitar kita ini sering membuat berbagai aktivitas terganggu selama beberapa hari.

Saat cuaca dingin datang, umumnya kita lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dimana virus lebih mudah berkembang dan menyebar. Berikut adalah beberapa tips sederhana, mudah, namun penting untuk bisa menghindari serangan flu:

1. Cuci tangan sesering mungkin.
 
Air dan sabun adalah penangkal terbaik dari virus penyebab flu. Namun bila sedang tak berada di dekat wastafel atau kran air, Anda bisa menggunakan hand-sanitizer.

2. Minum banyak air putih.

Langkah ini akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Jangan tunggu hingga Anda merasa haus. Untuk mengetahui apakah air putih yang dikonsumsi cukup, lihatlah warna air seni Anda. Bila semakin kuning, itu artinya tubuh sangat kekurangan air.

3. Perbanyak makanan buah dan sayur.

Ini dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Konsumsi Vitamin C dan D3.

Kedua vitamin ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sangat efektif untuk memerangi pilek dan flu. Bila kita kekurangan vitamin D, maka risiko infeksi saluran pernapasan telah terbukti meningkat pada 70% anak.

5. Konsumsi Probiotik

Dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan bisa mengurangi demam, pilek, dan batuk bila dikonsumsi setiap hari selama 6 bulan. Contoh makanan dan minuman dengan probiotik adalah yogurt, kefir (yogurt yang memiliki alkohol), kimchi, miso, dan beberapa makanan yang oleh produsennya ditambahkan probiotik seperti sereal dan jus.

6. Antioksidan

Banyak ditemukan dalam buah organik dan sayuran segar. Antioksidan juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Misalnya bayam, lemon, nanas, stroberi, alpukat, kacang tanah, wortel, dan apel. (Foxnews)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!