INTERNASIONAL

Bill Gates Masih Jadi Orang Terkaya di Amerika

KBR68H, Washington - Majalah bisnis Forbes merilis daftar tahunan 400 orang Amerika terkaya. Meski sebagian besar nama dan peringkat tidak berubah dari tahun lalu, kekayaan mayoritas anggota klub elit ini naik dalam setahun ini karena menguatnya pasar sah

AUTHOR / Eva Mazrieva

Bill Gates Masih Jadi Orang Terkaya di Amerika
bill gates, microsoft, orang terkaya, forbes

KBR68H, Washington - Majalah bisnis Forbes merilis daftar tahunan 400 orang Amerika terkaya. Meski sebagian besar nama dan peringkat tidak berubah dari tahun lalu, kekayaan mayoritas anggota klub elit ini naik dalam setahun ini karena menguatnya pasar saham dan real estate.

Pendiri Microsoft Bill Gates masih menjadi orang terkaya di Amerika, berada di puncak daftar untuk tahun ke-20 berturut-turut dengan aset bersih 72 miliar dollar. Warren Buffett, investor sekaligus presiden direktur Berkshire Hathaway, masih ditempat kedua dengan 58,5 miliar dollar, sementara pendiri Oracle Corp. Larry Ellison tetap di posisi ketiga dengan 41 miliar dollar.

Charles dan David Koch bersaudara – pemilik Koch Industries Inc. – di posisi ke-empat masing-masing dengan 36 miliar dollar. Pewaris Wal-Mart Christy Walton, Jim Walton, Alice Walton dan S. Robson Walton mengisi tiga posisi berikutnya dengan aset antara 33,3 miliar dollar hingga 35,4 miliar dollar. Walikota New York Michael Bloomberg, yang juga pendiri perusahaan data keuangan Bloomberg, menutup peringkat 10 teratas dengan kekayaan 31 miliar dollar.

Menurut Forbes, ke-400 orang dalam daftar tahunan ini memiliki aset gabungan dua triliun dollar – naik dari 1,7 triliun dollar tahun lalu – dan merupakan angka gabungan tertinggi dalam sejarah.

Kekayaan rata-rata mereka dalam daftar itu juga naik menjadi lima miliar dollar, yang tertinggi sejauh ini, naik dari 4,2 miliar dollar tahun 2012. Kekayaan bersih bertambah untuk 314 orang dan turun bagi 30 orang di daftar itu.

Aset kelompok orang terkaya di Amerika naik dalam beberapa tahun ini sejak terjadinya krisis keuangan – memperlebar kesenjangan antara mereka dan penduduk lainnya di Amerika. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!