INTERNASIONAL

Belanda, Negara dengan Makanan Bergizi dan Terjangkau

Belanda menyaingi Perancis dan Swiss menjadi negara yang menyediakan banyak makanan bergizi dan sehat. Sementara Amerika Serikat dan Jepang gagal masuk dalam jajaran 20 negara dengan makanan begizi.

AUTHOR / Sutami

Belanda, Negara dengan Makanan Bergizi dan Terjangkau
belanda, makanan sehat

KBR68H - Belanda menyaingi Perancis dan Swiss menjadi negara yang menyediakan banyak makanan bergizi dan sehat. Sementara Amerika Serikat dan Jepang gagal masuk dalam jajaran 20 negara dengan makanan begizi. 


Ini merupakan hasil survey yang dilakukan LSM Oxfam. Survey tersebut menunjukkan negara-negara Eropa mendominasi papan atas. Hanya Australia, negara diluar Eropa yang berhasil masuk pada peringkat 12. 


Dalam paparannya, peneliti senior Oxfam, Deborah Hardoon mengatakan Belanda telah menciptakan pasar yang bagus bagi warganya untuk mendapatkan makanan yang baik dan cukup. Harga-harga makanan di pasaran cukup murah dan stabil serta jenis makanan yang beredar berimbang. 


Sementara itu, hasil survey Oxfam juga menunjukkan negara-negara Afrika berada di peringkat bawah. Chad misalnya, berada di posisi juru kunci dari 125 negara. Sebelum Chad ada Ethiopia dan Angola. (Reuters)


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!