INTERNASIONAL

ASI Dijual Online Mengandung Bakteri Mematikan

KBR68H- Air Susu Ibu atau ASI yang dijual online di Amerika Serikat mengandung bahan berbahaya, termasuk bakteri salmonella yang mematikan. Mikroba Salmonella, juga ditemukan pada ayam mentah dan kotoran hewan menyebabkan diare, demam, dan kram perut.

AUTHOR / Suryawijayanti

ASI Dijual Online Mengandung Bakteri Mematikan
ASI, online, bakteri, berbahaya

KBR68H- Air Susu Ibu atau ASI yang dijual online di Amerika Serikat mengandung bahan berbahaya, termasuk bakteri salmonella yang mematikan. Mikroba Salmonella, juga ditemukan pada ayam mentah dan kotoran hewan menyebabkan diare, demam, dan kram perut. Dalam kasus yang ekstrim dapat menyebabkan kematian karena dehidrasi.
 
Temuan ini berasal dari penelitian yang digelar Rumah Sakit Anak Nationwide di Columbus, Ohio. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan tiga perempat dari sampel yang diambil dari salah satu situs populer yang menjual ASI. Akibat kandungan berbahaya ini, beberapa bayi menderita sakit akibat susu yang terkontaminasi bakteri.

"Anda harus benar-benar memastikan ASI itu aman untuk bayi Anda. Karena konsekuensinya sangat serius, itu bukan ide yang baik untuk mendapatkan ASI dengan cara ini,"ujar salah satu peneliti, Sarah Keim.

Penelitian ini menguji 101 sampel dari salah satu situs populer yang menyediakan ASI, namun nama situs itu tidak dijabarkan. 74 persen dari sampel mengandung bakteri penyebab penyakit seperti E. coli atau kadar bakteri berbahaya seperti Streptococcus. Sementara 20 sampel dari bank susu juga diuji, dan tujuh dinyatakan positif mengandung bakteri penyebab penyakit .

Penelitian ini tidak mengatakan di mana bakteri berasal, tetapi kemungkinan berasal dari kulit donor, pompa payudara digunakan untuk mengekstrak susu, atau kontaminasi dari metode pengiriman yang tidak tepat. (dailymail)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!