INTERNASIONAL

Airbus Terima Pesanan Pesawat Senilai Rp40 Triliun dari Cina

KBR68H, Washington - Airbus, produsen pesawat terbesar kedua di dunia, memperoleh pesanan pesawat-pesawat lorong tunggal senilai $4,2 miliar atau sekitar Rp40 triliun dari dua maskapai penerbangan baru di Cina.

AUTHOR / Tony Hotland

Airbus Terima Pesanan Pesawat Senilai Rp40 Triliun dari Cina
airbus, pesanan, cina, Rp40 triliun, pesawat

KBR68H, Washington - Airbus, produsen pesawat terbesar kedua di dunia, memperoleh pesanan pesawat-pesawat lorong tunggal senilai $4,2 miliar atau sekitar Rp40 triliun dari dua maskapai penerbangan baru di Cina. Pesanan ini dilakukan di tengah-tengah meningkatnya perjalanan udara dan deregulasi pada sektor penerbangan sipil di negara itu.

Qingdao Airlines, maskapai swasta yang baru didirikan, bersedia membeli 23 pesawat A320 dalam transaksi bernilai $2,26 miliar, berdasarkan daftar harga Airbus. Zhejiang Loong Airlines, yang baru-baru ini mendapat izin dari pihak regulator, menandatangani perjanjian pertama untuk 20 pesawat A320, bernilai $1,91 miliar. Maskapai penerbangan biasanya mendapat diskon dari daftar harga pasar.

Kedua kesepakatan itu merupakan keuntungan besar bagi Airbus yang berbasis di Toulouse, Prancis. Tahun ini, Airbus berharap akan menyerahkan lebih dari 100 pesawat kepada pelanggan di Cina, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Airbus, yang keunggulan penjualan globalnya tahun lalu direbut Boeing, memprediksi maskapai-maskapai secara global akan membeli pesawat bernilai $4,4 triliun dalam dua dekade mendatang, karena naiknya permintaan di India dan Tiongkok serta pertumbuhan global di kalangan maskapai-maskapai bertarif rendah. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!