Selamat Hari Podcast Internasional!

Di samping siaran langsung podcast selama puluhan jam, Hari Podcast International juga biasa diisi dengan sejumlah "tradisi" unik.

BERITA | INTERNASIONAL

Senin, 30 Sep 2019 16:18 WIB

Author

Adi Ahdiat

Selamat Hari Podcast Internasional!

Logo International Podcast Day. (Gambar: www.internationalpodcastday.com)

KBR, Jakarta- Setiap 30 September, komunitas podcast di berbagai belahan dunia merayakan Hari Podcast Internasional.

Momen ini diciptakan tahun 2014 oleh sekelompok podcaster atau kreator konten podcast di Amerika Serikat (AS).  Dalam perayaan perdananya, para kreator membuat siaran langsung podcast selama enam jam nonstop.

"Tradisi" siaran panjang itu kemudian dipelihara, terus dipromosikan, sampai mendapat dukungan dan dihidupkan juga oleh komunitas podcaster mancanegara.

"Antara tahun 2015-2018, kami sudah mengadakan siaran langsung selama ratusan jam, melibatkan podcaster dari hampir 65 negara seperti Australia, Selandia Baru, Thailand, Polandia, Jerman, Afrika Selatan, Jamaika, Spanyol, Argentina, Meksiko, Uni Emirat Arab, Nigeria, Filipina , India, Prancis, Swiss, Skotlandia, Inggris, Finlandia, Kanada, Amerika Serikat, dan banyak lagi lainnya," papar tim kreator Hari Podcast International dalam situs resminya.


Siaran Langsung 30 Jam

Dalam perayaan Hari Podcast Internasional 2019, para kreator podcast menggelar siaran langsung selama 30 jam mulai Minggu (29/9/2019) sampai Senin (30/9/2019).

Siaran langsung puluhan jam ini diisi secara bergantian oleh podcaster dari berbagai negara, yang mengusung beragam tema perbincangan menarik.

Cate & Darrel dari Singapura, misalnya, membuat siaran podcast tentang hubungan asmara non-monogami dan berbagai stigma masyarakat terhadapnya.

Ada juga Melissa & Paula dari Kenya, yang membahas podcast sebagai alat menyuarakan ekspresi bagi kelompok-kelompok yang "terpinggirkan". Jadwal siaran lengkap Hari Podcast International 2019 bisa dilihat di link ini.

Di samping siaran langsung, Hari Podcast International juga biasa diisi dengan sejumlah "tradisi" unik seperti:

  • Mencari selusin kanal podcast baru;
  • Membuat podcast sendiri, dan;
  • "Berbagi kado" dalam bentuk donasi untuk produser podcast favorit masing-masing. 

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Geliat Feminis Membangun Demokrasi

Geliat Feminis Membangun Demokrasi

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13