Share This

Penelitian Menyebut Potensi Virus Penyebab Herpes Bisa Sembuhkan Kanker Kulit

Ini berdasarkan hasil uji coba sejumlah peneliti dalam Journal of Clinical Oncology.

BERITA , INTERNASIONAL

Rabu, 27 Mei 2015 11:09 WIB

Ilustrasi vaksin. Foto: Antara

KBR - Sebuah rekayasa genetik dari virus yang biasanya menyebabkan penyakit herpes menunjukkan potensi untuk mengobati kanker kulit. Ini berdasarkan hasil uji coba sejumlah peneliti dalam Journal of Clinical Oncology. Virus herpes yang dimodifikasi itu tidak berbahaya untuk sel-sel normal tetapi ketika disuntikkan ke tumor, virus berlipat ganda dan merilis zat untuk melawan kanker.

Hasil penelitian menunjukkan, terapi ini bisa memperpanjang hidup selama beberapa tahun, namun hanya bagi beberapa pasien melanoma. Pengobatan mirip dengan imunoterapi ini sudah tersedia di Amerika Serikat dan Eropa. Penelitian terbaru ini adalah percobaan acak terbesar menggunakan virus antikanker yang melibatkan lebih dari 400 pasien melanoma maligna yang tidak dapat dioperasi dari 64 pusat di Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Afrika Selatan. (BBC)


Editor: Damar Fery Ardiyan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.