BERITA

Jaringan Komputer Gedung Putih Disusupi Hacker Rusia

"Peretas itu berhasil menyusup ke jaringan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk mencuri data dari sistem komputer Gedung Putih. "

Nurika Manan

Jaringan Komputer Gedung Putih Disusupi Hacker Rusia
ilustrasi (foto: businessinsider.com.au)

KBR - Sistem komputer Gedung Putih diretas hacker asal Rusia. Tudingan itu dilontarkan oleh salah seorang pejabat Amerika Serikat yang mendapatkan informasi soal investigasi pembobolan jaringan Gedung Putih. 

Informasi yang didapat, peretas itu berhasil menyusup ke jaringan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk mencuri data dari sistem komputer Gedung Putih. 

Peretas Rusia itu dikatakan tak mampu menembus data-data rahasia Gedung Putih, namun mereka berhasil mencuri data seperti rincian jadwal kunjungan Presiden Barack Obama. 

Meski bukan hal sensitif dan rahasia, rincian perjalanan yang tidak terbuka untuk publik ini diincar oleh banyak badan intelijen asing. 

Sebelumnya, sejak Oktober tahun lalu, Gedung Putih telah mendeteksi penyusupan di sistem komputer mereka. Jaringan sempat dimatikan sementara untuk dilakukan peningkatan keamanan sistem.

Editor: Antonius Eko  

  • gedung putih
  • Peretas
  • rusia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!