Perancis Larang Murid Gunakan Ponsel di Sekolah

Peraturan ini untuk membantu anak-anak agar fokus pada pelajaran.

BERITA | INTERMEZZO

Selasa, 04 Sep 2018 13:01 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Perancis Larang Murid Gunakan Ponsel di Sekolah

Foto: Yui Mok/PA

KBR, Jakarta - Setelah liburan musim panas, murid-murid Prancis tidak boleh menggunakan ponsel di sekolah.

Dilansir dari itv.com (3/9/2018), pemerintah telah mengeluarkan undang-undang yang melarang penggunaan telepon di semua sekolah dasar dan menengah pertama. Pelarangan penggunaan ponsel berlaku untuk sepanjang hari, termasuk pada saat istirahat. 

Namun, penggunaan ponsel masih diperbolehkan dalam hal-hal darurat dan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Menteri Pendidikan Perancis Jean-Michel Blanquer mengatakan, peraturan ini dibuat untuk membantu anak-anak agar fokus pada pelajaran, bersosialisasi lebih baik dan mengurangi penggunaan media sosial. Larangan ini juga dibuat untuk melawan  online-bullying, dan mencegah pencurian dan kekerasan di sekolah.

Murid diminta untuk mematikan ponsel mereka atau meletakkannya di loker. Sekolah-sekolah menengah atas juga dapat secara sukarela menerapkan peraturan tersebut. Peraturan ini juga memperbolehkan guru menyita ponsel jika ada anak yang tidak patuh.  

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERMEZZO

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Waspada “Wabah Diam” Keracunan Metanol

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12