INDONESIA

Festival Tet, Imleknya Penduduk Vietnam.

Tahun Baru Cina ternyata dirayakan juga oleh penduduk Vietnam, namanya Tet Nguyen Dan atau lebih dikenal dengan Festival Tet.

AUTHOR / Aika Augustine

Festival Tet, Imleknya Penduduk Vietnam.
Festival Tet, Vietnam, Tahun Baru, Aika Augustine

Tahun Baru Cina ternyata dirayakan juga oleh penduduk Vietnam, namanya Tet Nguyen Dan atau lebih dikenal dengan Festival Tet. Meski perayaan ini jatuh pada Tahun Baru Cina yaitu hari pertama pada kalender Luna, tetapi hari perayaannya berbeda lho, bisa berselang satu atau dua hari kemudian dari Tahun Baru Cina. Ini dikarenakan perbedaan waktu di negara-negara itu.

Rangkaian tradisi dalam Festival Tet tidak jauh berbeda dengan tradisi Tahun Baru Cina, yakni membersihkan rumah, membeli baju baru, menyelesaikan sengketa dan membayar semua utang piutang. Selain itu, ada juga tradisi membuat pohon tahun baru atay Neu Cay. Jenis pohon yang digunakan bermacam-macam, tetapi pohon yang cukup populer adalah pohon kumquat. Neu Cay dipercaya dapat memberikan keberuntungan dan mengusir roh-roh jahat. Biasanya Neu Cay ditanam di halaman rumah dan dihiasi dengan pita berwarna merah serta bunga.

Menurut kepercayaan warga di sana, satu minggu sebelum tahun baru, Tao Quan - tiga roh yang ditemukan di dapur setiap rumah - naik ke langit untuk melaporkan peristiwa yang terjadi sepanjang tahun ini kepada Kaisar Langit. Itulah sebabnya masyarakat Vietnam membangun altar persembahan untuk melepas keberangkatan para dewa ini, dengan harapan para dewa melaporkan hal yang baik kepada Kaisar Langit dan menjamin keberuntungan untuk keluarga di tahun mendatang. Selain itu, mereka juga mengunjungi pemakaman dan mengundang roh-roh saudara yang telah meninggal untuk datang ke rumah dan ikut merayakan festival ini.

Tradisi lainnya adalah membuat Banh Chung. Banh Chung adalah makanan sejenis pudding yang terbuat dari beras, kacang kedelai dan juga daging babi. Menu tradisional ini sengaja disajikan untuk keluarga dan kerabat yang bertandang ke rumah. Selain itu, buah semangka juga wajib disajikan karena berwarna warna merah yang merupakan simbol keberuntungan.

Jika penduduk Cina merayakan pergantian tahun dengan gegap gempita petasan dan kembang api, tidak demikian dengan masyakat Vietnam. Pasalnya sejak 1995, pemerintah Vietnam melarang penggunaan petasan dan kembang api. Meski begitu, perayaan pergantian tahun baru tetap meriah, karena bunyi drum dan perkusi bergemuruh di seluruh penjuru Vietnam. (tetfestival.org, about.com & asian-nation.org)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!