HEADLINE

Polisi Takkan Selidiki Kaburnya Labora

Polisi menyebut tidak ada perintah selidiki kaburnya Labora

AUTHOR / Bambang Hari

Polisi Takkan Selidiki Kaburnya Labora
Direktur Jenderal Pemasyarakaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia I Wayan Kusmiantha Dusak (kiri) dimintai keterangan oleh wartawan terkait penyerahan diri terpidana kasus pencucian uang dan pem

KBR, Jakarta- Kepolisian Sorong, Papua Barat takkan menyelidiki kaburnya terpidana pencucian uang dan pembalakan liar, Labora Sitorus. Kepala Kepolisian Sorong, Karimudin Ritonga beralasan, kepolisian hanya diminta untuk menangkap dan menyerahkan Labora kembali ke lapas. Permintaan itu diajukan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

"Dari lapas meminta bantuan kami untuk menangkap. Setelah berhasil ditangkap, kami serahkan kembali ke lapas. Makanya kan langsung dibawa ke Jakarta," ujarnya saat dihubungi KBR, Senin (03/07).

Dia tegaskan tak ada penyelidikan pihak-pihak yang terlibat dalam kaburnya Labora. "Tidak ada! Kami kan hanya diminta untuk menangkap saja. Jadi kami hanya diminta menangkap, setelah itu kami membuat berita acara penyerahan narapidana," katanya.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mencurigai adanya oknum yang membantu Labora Sitorus melarikan diri. Namun saat itu, ia menolak menjelaskan secara spesifik siapa oknum yang dicurigai tersebut.

"Kami curiga ada oknum-oknum yang membantu Labora Sitorus melarikan diri," katanya pada saat itu.


Sebelumnya, terpidana perkara pembalakan liar dan pencucian uang melarikan diri saat akan dipindahkan ke Lapas Cipinang Jakarta. Saat hendak menjemput polisi aktif ini, tim gabungan yang terdiri dari tentara, kepolisian, serta petugas Kementerian Hukum dan HAM, mendapat perlawanan dari orang yang berusaha melindungi Labora.


Selang beberapa hari setelah kejadian itu, Labora menyerahkan diri sekitar pukul 03:00 waktu setempat. Kemudian, ia diterbangkan ke Jakarta dan dimasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • ilham9 years ago

    Sebusuknya bangkai di sembunyikan, akan tercium juga.. Labora merupakan jaringan terselubung dan menyebar di wilayah yang berkaitan dengan Keanekaragaman Sumber Daya Alam.. Mari kita kawal seluruh jajarannya sampai habis... Dan Bagaimana dengan kondisi Riau ??? Tesso Nilo..?? Rimbang Baling..?? Giam Siak..?? Apakah Masih Bagian Jaringannya Labora Sitorus ?? Kawal Terus...