HEADLINE

Ketua KPU Meninggal, Begini Kenangan Jimly Asshiddiqie Terhadap Husni Kamil Manik

"Saya menyaksikan dengan seksama bagaimana tokoh ini sebagai contoh anak muda yang cemerlang menangani pekerjaan dengan tenang dan tekun serta bertangan dingin."

AUTHOR / Yudi Rachman

Ketua KPU Meninggal, Begini Kenangan Jimly Asshiddiqie Terhadap Husni Kamil Manik
Ketua KPU, Husni Kamil Manik (kiri) saat menerima penghargaan Bintang Penegak Demokrasi dari Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Negara. (Foto: kpu.go.id)

KBR, Jakarta- Meninggalnya Ketua KPU Husni Kamil Manik menyisakan kesedihan bagi keluarga dan kerabat kerjanya. Tak terkecuali Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie yang sering berhubungan dengan Ketua KPU Husni Kamil Manil soal penyelenggaran pemilihan umum.

Menurut Jimly, sosok Husni Kamil Manik dikenal santun, tokoh muda dan sikapnya cool dalam menangani berbagai permasalahan pemilihan umum.

"Saya menyaksikan dengan seksama bagaimana tokoh ini sebagai contoh anak muda yang cemerlang menangani pekerjaan dengan tenang dan tekun serta bertangan dingin. Bagaimana dia menghadapi kritik kecaman dengan tenang. Sehingga dia mampu melewati pemilu 2014 dan pilkada dari 2012 hingga 2015 dihadapi dengan kematangan sikap. Tidak banyak tokoh muda seperti ini. Saya rasa kita kehilangan, saya kaget sekali," ungkapnya kepada KBR melalui sambungan telepon, Kamis (07/07/2016).

Sebagai tokoh muda, Husni dianggap mampu menjadi panutan dalam hal penegakan demokrasi. Bahkan, Husni diganjar penghargaan dari pemerintah sebagai tokoh muda penegak demokrasi. "Husni Kamil Manik atas kinerja dan kemampuannya  mendapat penerima bintang penghargaan sebagai penegak demokrasi dia tokoh pertama yang mendapatkan penghargaan resmi dari negara sebagai penegak demokrasi," ungkap Jimly.

Jimly bercerita pertemuan terakhir dengan Husni adalah saat mendatangi undangan buka bersama ormas Islam di tempat Istana Wakil Presiden.  "Saya terakhir bertemu dalam acara buka puasa dengan Wakil Presiden dan Ormas Islam. Saya memakili ICMI. Nah, saya dengar kabar tadi sore dia masuk rumah sakit, karena saya ada open house di rumah masih banyak tamu," kenangnya.

"Kami seperti saudara"

Jimly bahkan bercerita, hubungan dengan Husni, sudah seperti saudara. Kata Jimly, jika ibunya datang ke Jakarta, pasti minta dipertemukan dengan Jimly. "Ibunya kalau datang ke Jakarta pasti main ke tempat saya. Dia kagum dengan saya katanya," ungkapnya.

Tak hanya itu, hubungan Jimly dan Husni sangat dekat secara kekeluargaan. Istri Husni Kamil Manik, Endang Mulyani menjadi mahasiswa S2 di Universitas Indonesia yang dibimbing  Jimly. Bahkan konsultasi soal pendidikan pun sering terjadi antara Husni, Istrinya dan Jimly. "Istrinya mahasiswa saya, di S2 di UI dan saya pembimbingnya, kami sudah sangat dekat sekali secara kekeluargaan. Anaknya juga sering main ke sini. Kasihan, masih kecil-kecil anaknya," ungkap Jimly dengan nada sendu.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!