HEADLINE

Kecewa, Seleksi PPK Dituding Tak Transparan

Seleksi panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan langsung kepala daerah di Kab. Rembang, Jawa Tengah dituding kurang transparan.

AUTHOR / Musyafa

PPK Tes  Komputer/ Foto: Musyafa
PPK Tes Komputer. (Foto: Musyafa)

KBR, Rembang – Seleksi panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan langsung kepala daerah di Kab. Rembang, Jawa Tengah dituding kurang transparan.

Seorang pendaftar PPK yang enggan disebutkan namanya mencurigai proses ini lantaran tidak mencantumkan nilai dan ranking. Seharusnya, menurut dia, hasil seleksi seluruh kandidat diumumkan kepada publik.

“Tidak ada nilai dan ranking. Yang ada hanya nama, nomor tes dan desa. Harusnya dipampang semua. Saya merasa mampu mengerjakan soal tes, kira kira ya dapat nilai 90. Kok tidak lolos, “ keluhnya kepada KBR, hari Sabtu (09/05).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Rembang, Minanus Suud membantah tudingan tersebut. Pengumuman memang tidak membeberkan nilai maupun ranking, karena menyesuaikan petunjuk tekhnis KPU Pusat. Tapi jika ada yang merasa keberatan, sekaligus ingin tahu nilai peserta, bisa langsung datang ke Sekretariat dan nantinya akan ditunjukkan.

“Menurut saya wajar kalau ada kekecewaan, karena bagaimanapun orang mendaftar, harapannya kan diterima, “ ungkapnya.

Minanus Suud menambahkan dari 436 orang pendaftar, dikerucutkan menjadi 140 orang. Setelah itu akan diperas kembali menjadi hanya 70 orang sebagai anggota PPK.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!