HEADLINE

Gubernur Ganjar: Revitalisasi Pasar Johar Harus Ada Efek Wow

Diharapkan bisa membangkitkan lagi pesona pasar di Semarang tersebut pasca kebakaran.

AUTHOR / Nurul Iman

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/ Foto: Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

KBR, Semarang - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengharapkan proses revitalisasi Pasar Johar Semarang pasca kebakaran menimbulkan 'efek wow'. Dengan begitu, pasar bisa menjadi daya tarik tersendiri kepada warga dan konsumen untuk terus menghargai nilai sejarah kota tersebut. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pihak-pihak yang terkait untuk segera merealisasikan revitalisasi Pasar Johar pascakebakaran. Ganjar berharap revitalisasi dilakukan dengan mempertahankan arsitektur asli. Pasar Johar adalah salah satu pasar kuno yang punya nilai sejarah tinggi juga sudah ditetapkan sebagai aset bangunan Benda Cagar Budaya di provinsi tersebut. 

Ganjar mengaku sudah berbicara dengan Menteri Perdagangan saat berkunjung ke Pasar Johar. Di situ disebutkan kalau Pemkot Semarang diharapkan segera mengusulkan desain baru Pasar Johar bakal seperti apa. 

"Wilayah yang masuk heritage dipertahankan, biar keren gitu lho," kata Ganjar kepada KBR di Semarang, Jumat (15/5/2015). "Bahwa di sana sini mengalami perubahan, itu tidak menghilangkan bentuk awal."

"Saya berpesan betul agar para arsitek ikut bicara soal ini dengan harapan, kalau nanti dibuat kembali dengan arsitektur semula, kita tinggal mengawasi. Buat apa didesain arsitektur semula, tapi di depannya ditutupi kios? Lah katanya indah, katanya hebat, katanya luar biasa... Kios kita tidak romantis, hasil kerja sejarah masa lalu."

"Kalau digarap dengan betul, maka orang lewat Pasar Johar akan melihat 'wow effect'-nya."

Sebagai langkah penyelamatan, Ganjar ingin agar para arsitek dan ahli sipil berbicara soal warisan budaya yang dimiliki Pasar Johar. Bagian yang tidak termasuk bangunan cagar budaya diharapkan akan dibangun kembali dalam bentuk pasar modern dengan lokasi yang lebih tinggi dan menampung banyak pedagang agar tidak berdesak-desakan. 

Ganjar berharap ada perpaduan antara pasar heritage dengan pasar modern di Pasar Johar, dengan mengedepankan pasar heritage ini di bagian bawah. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!