HEADLINE

Evakuasi Korban Karhutla, Kemenhub Siapkan Pelabuhan

Kemenhub mempersilakan kapal-kapal komersil baik perusahaan atau perorangan untuk membantu evakuasi warga yang ingin keluar dari daerah terdampak karhutla

AUTHOR / Yudi Rachman

Evakuasi Korban Karhutla, Kemenhub Siapkan Pelabuhan

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan menyiapkan sistem transportasi evakuasi laut di daerah terdampak kebakaran hutan dan lahan. Menurut Juru bicara Kementerian Perhubungan JA. Barata, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memberikan instruksi cepat kepada otoritas pelabuhan di daerah yang terdampak asap. Instruksi itu berisi prosedur lalu lintas kapal evakuasi di pelabuhan dan menyediakan shelter aman di pelabuhan.

"Jadi di laut itu kita menyiapkan alternatif kalau untuk mereka yang ingin evakuasi dari lokal setempat untuk keluar dari tempatnya itu bisa melalui laut. Makanya kita minta setiap KSOP atau otoritas pelabuhan untuk memfasilitasi mereka yang ingin keluar evakuasi dari daerahnya melalui jalur laut," jelas Juru bicara Kementerian Perhubungan JA Barata kepada KBR, Minggu (25/10/2015).


JA Barata menambahkan, Kemenhub juga mempersilakan kapal-kapal komersil baik perusahaan atau perorangan untuk membantu evakuasi warga yang ingin keluar dari daerahnya. Melalui aturan ini, pergerakan kapal akan didahulukan untuk kapal yang akan melakukan evakuasi.


Editor: Damar Fery Ardiyan




 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!