HEADLINE

Ahok Diperiksa KPK Soal Sumber Waras

Tiba pukul 9.00 WIB, Ahok mengaku bawa berbagai dokumen mengenai pembelian tanah milik Yayasan Kesehatan Sumber Waras

AUTHOR / Randyka Wijaya

Ahok Diperiksa KPK Soal Sumber Waras
Ketua Yayasan Kesehatan Sumber Waras, Kartini Muljadi menggunakan kursi roda meninggalkan Gedung KPK seusai dimintai keterangan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (11/4). Foto ANTARA

KBR, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memenuhi pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ahok diperiksa sebagai saksi dalam dugaan korupsi pengadaan lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemda DKI.

Tiba pukul 9.00 WIB, Ahok mengaku bawa berbagai dokumen mengenai pembelian tanah milik Yayasan Kesehatan Sumber Waras. Dokumen ini persis dengan yang Ahok serahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Semua yang sudah pernah kita bawa ke BPK. BPK sudah pernah lakukan audit investigasi. Itu aja. Ya pokoknya nanti kita tanya saja dia mau tanya apa. Makanya itu kan audit BPK dan KPK sudah pernah minta investigasi. Sekarang saya justru ingin tahu KPK ingin nanya apa, orang jelas BPK-nya ngaco gitu kok," ungkap Ahok di Gedung KPK, Selasa (12/04/2016).

Sebelumnya, KPK menduga ada indikasi tindak pidana korupsi dalam pembelian lahan Sumber Waras. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga telah menyampaikan hasil audit investigasi khusus pengadaan lahan ini. Hasil audit ini menunjukan ada enam penyimpangan yang ditemukan BPK, mulai dari pembentukan harga hingga penyerahan hasil. BPK menduga kerugian negara akibat pembelian lahan itu sebesar Rp 191 miliar.


Editor: Damar Fery Ardiyan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!