Di episode kali ini, Mahari mau mengupas soal perbucinan!

ARTIKEL PODCAST

Gimana Biar Enggak Terlalu Bucin?

"No Bucin-Bucin Club"

KBR, Jakarta- Rasa sayang terhadap pasangan memang tidak terealakkan. Bahkan terkadang, ada orang-orang yang rela memberikan apapun kepada pasangannya.

Tapi apakah perasaan terlalu sayang itu baik untuk sebuah hubungan dan mampu menjaga keseimbangan hubungan?

Psikolog Klinis Peduli Pernikahan, Christine Anggraini mengatakan, ada beberapa orang yang kerap menghujani pasangannya dengan berbagai hadiah atau pemberian.

Baca juga:

Food & Mood Booster

Teman Makin Dikit, Gimana Jaga Hubungan Ikrib?

Berhadapan dengan Ekspektasi Orang Lain

Kata Christine, kadang apa yang diberikan juga tidak diminta sama pasangannya. Kalau kata Christine, mereka tuh seakan peka dengan kebutuhan pasangan.

"Ada kita ngasih terlalu banyak banget. Basicnya kenapa orang rela ngasih jantung hati. Karena mereka nyari melekat, jadi merasa aman. Kalau gak sama dia, sama siapa? Basicnya orang mudah melekat atau memberikan apa yang di luar batasan. Karena bertumbuh dalam kondisi yang kurang pemenuhan emosional dan support system kurang," jelas Christine dalam Podcast Diskusi Psikologi "Disko".

Di episode kali ini, Mahari mau mengupas soal perbucinan!

Mutiara Maharini dan Christine Anggraini bahas gimana caranya tetap sayang, tapi gak berlebihan dan tetap menjaga keseimbangan hubungan.

Christine menekankan bahwa individu yang terjebak dalam situasi seperti ini sering kali tidak menyadari bahwa mereka memberikan terlalu banyak dalam hubungan mereka. Hal ini disebabkan oleh kurangnya koneksi dengan diri sendiri dan pemahaman terhadap kebutuhan emosional pribadi.

"Sebetulnya akibatnya kita akan semakin bergantung, kita akan semakin melekat, keberhargaan diri kita juga terombang-ambing," tambah Christine.

Meski sudah memberikan segalanya, terkadang Christine mengatakan, kalau orang tersebut bisa saja tidak sadar. Kalau mereka sudah berlebihan dan melanggar batasannya.

"Orang-orang yang terjebak dalam hubungan begini, mereka sering kali tidak sadar kalau mereka giving too much, karena mereka tidak dalam kondisi cukup terkoneksi dengan dirinya," kata Christine.

Selain itu Psikolog Klinis Peduli Pernikahan, Christine Anggraini menyampaikan berbagai dampak lainnya terlalu bucin bagi kesehatan mental.

Tak hanya itu, di podcast Disko episode ini, kita bakal bahas sampai di tahap mana sih kita itu masuk ke kategori berlebihan dan apa yang mesti kita lakukan? Kita simak yuk podcast Disko (Diskusi Psikologi) di link berikut: