Diskusi Psikologi

ARTIKEL PODCAST

Food & Mood Booster

"Makanan Penentu mood"

Berbicara soal kesehatan mental dan makanan yang mempengaruhinya

KBR, Jakarta- Pernah nggak sih kalian merasa lebih gampang marah atau gampang emosi saat perut keroncongan? Seberapa sering juga kalian nyemil aneka snack dan minuman coklat waktu bad mood? 

Ternyata, makanan yang kita konsumsi tak sekedar mampu mengobati rasa lapar atau sekedar memenuhi kebutuhan lahiriah kita sebagai manusia. Tapi, makanan yang masuk ke tubuh seseorang mampu juga ngefek pada ketenangan batin hingga kesehatan mental.

Pola makan yang tidak seimbang mempengaruhi mood, tingkat energi, dan kemampuan kita untuk menghadapi stres sehari-hari. Sebaliknya, asupan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu kita merasa lebih baik, lebih fokus, dan lebih bahagia.

Hal ini dikonfirmasi Putri M.J, S.Gz, seorang ahli gizi. Menurut Putri pola makan sehat bukan hanya berpengaruh pada tubuh, tapi juga pikiran kita.

"Jadi kita kalau makan yang sehat itu nggak hanya berpengaruh ke tubuh kita tapi juga pikiran kita, kesehatan mental kita. Begitu juga dengan kalau kita tidak menjaga makan kita, itu juga nggak cuma ngaruh ke kesehatan fisik kita tapi juga ke kesehatan mental kita," jelasnya dalam Podcast Disko "Diskusi Psikologi".

Diskusi Psikologi

Ahli Gizi, Putri M.J, S.Gz

Nggak cuma makanan pokok yang mesti sehat, Putri menekankan pentingnya memilih camilan. Tidak hanya enak, tetapi juga kudu sehat nan bergizi. Menurutnya, camilan yang ideal adalah yang membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga kita tidak mudah marah atau merasa tidak nyaman karena lapar.

"Jadi sebenarnya, yang menentukan baik atau enggaknya camilan itu, ya dari diri kamu sendiri, mau memilih camilan yang seperti apa, dan jumlahnya berapa. Karena kalau kita ngomongin manfaat camilan, itu juga bisa ngebantu kita kenyang lebih lama," ungkapnya.

Baca juga:

Teman Makin Dikit, Gimana Jaga Hubungan Ikrib?

Berhadapan dengan Ekspektasi Orang Lain

Tekanan Finansial jadi Tekanan Mental?

Putri mengungkap beberapa kelebihan memakan camilan bagi seseorang.

"Ngebantu kita balancing blood sugar, jadi enggak cepet turun, dan itu ngaruh ke mood juga kan ya. Karena kalau kita laper kan, bisa memicu kayak angry barangkali, marah-marah karena laper. Kalau misalnya kalian mau ngemil untuk mendapatkan manfaat kesehatan, ya pilihlah makanan yang real food, yang padat gizi dan juga porsinya itu, disesuaikan dengan secukupnya," jelas Putri.

Tapi nih soal makanan, masih banyak orang yang kerap melupakan efeknya pada kesehatan mental. Padahal, apa yang kita konsumsi sehari-hari bisa jadi penentu gimana mood kamu seharian.

Jadi, bagaimana ya kita bisa menjaga kesehatan mental melalui makanan?

Yuk dengarkan Podcast Disko (Diskusi Psikologi) di link berikut ini: